sedang mencari...
Wednesday, April 9, 2014
Wednesday, April 09, 2014

Miscommunication

“Pik, ayo lagi, nyoblos ga lo?.” Kata Usman salah seorang temen gue yang gupek daritadi ga sabaran mau nyoblos.

“Iya, bentar. Gue mandi dulu.”

“Gilak sih lo ini. Kita ini mau nyoblos woi! Bukan mau ketemuan sama cewe! Ngapain mandi? Gue aja ga mandi, Pik..” jawabnya ke gue pake ngurat. Dan entah kenapa sepertinya bangga banget dia pagi ini kalo ga mandi cuma buat nyoblos doang.

“Yaudah, kalo gitu kita nge-teh aja dulu. Gimana?.” Gue mencoba mengulur waktu.

“Boleh, deh..” Jeger!!! Jawaban yang Simpel. Padet. Tapi bikin gondok dengernya!

“Yaudah selow. Gue buat teh dulu kalo gitu.”

Usman itu tetangga gue. Rumah dia, sama rumah gue, ga jauh-jauh amat jaraknya. Sekitar tujuh rumah gitu jarak dari rumah gue, menuju rumahnya dia. Gue sama dia bertetanggaan udah lama. Tepatnya dari waktu pertama kalinya gue pindah ke rumah ini (sewaktu gue masih SD dulu). Usman itu, anaknya asik sih kalo menurut gue. Selain dia punya satu hoby yang sama kayak gue (sama-sama suka melihara burung kenari. hahaha). Dia juga anaknya mandiri. Mau kerja apa aja, yang penting dapet duit banyak halal. Tipe-tipe orang yang ga suka milih-milih pekerjaan gitu. Salut. Usman itu tingginya kurang lebih sekitar 165cm gitu. Yah, standar tinggi ABG labil jaman sekarang lah. Rambutnya Mohack, celana gombor, suka pake cincin yang gede-gede. Tenanggg! Tenanggg! Gue ga berkawan sama dukun ko. Santai. Usman itu mutlak kawan gue. Kawan gue dari pas gue masih SD dulu. Dia bukan seorang dukun. Dan dia anak baik-baik. Sumpah! *bela kawan*.

“Lama amat, Pik?” Usman membuka omongan kembali waktu gue balik lagi sambil membawakan teh yang gue buat untuk dia. Buset. Serasa dia yang tuan rumah, gue yang kacung gini, ya, kesannya..

“Gue ini manasin Air dulu, Man tadi itu.”

“Oh. Hehehe..” Usman nyengir. “Eh, iya. Dapet serangan fajar ga lo subuh tadi?.” Lanjutnya nanya lagi ke gue (baca: dapet sogokan dari salah satu tim sukses partai).

“Enggak, Man. Lo?”

“Sama aja, Pik. Gue juga ga dapet. Jadi, enaknya kita nyoblos siapa, ya?” Usman bertanya balik ke gue. Kali ini dia malah minta pendapat. Seperti biasa. Otaknya selalu kosong memang. Kosong. Bener-bener kosong!

“Waduh. Gue juga bingung, Man. Ga ada yang kenal juga gue orang-orangnya”

“Nah! Apalagi gue, Pik! Gue juga ga ada yang kenal!.” Dia malah heboh sendiri.

“Liat nanti aja deh, Man. Ngapain kita cape-cape mikir. Iya ga?”

“Gini aja. Gimana kalo kita Golput aja, Pik. Kita ga usah nyoblos. Gimana?.” katanya ke gue kali ini memberikan saran yang kedengarannya tergolong menyesatkan.

Golput? Emangnya kita ga ketahuan tah kalo ga nyoblos? Bukannya kita udah dikasih surat pemilih gitu, ya?.” tanya gue ke dia dengan penuh keheranan.

“Iya juga ya, Pik. Bener juga apa kata lo..” Cetarrrrrr!!! Pengin banget rasanya gue lempar pake asbak dia siang ini. Lagi. Lagi. Dan lagi. “Kosong. Bener-bener nggak ada isi otak anak ini.” Gondok gue dalam hati.

“Bentar. Bentar. Gue coba nelpon adek gue dulu, Man. Masih rame apa udah sepi di TPS jam segini...”

“Emang adek lo tim sukses ya, Pik? Apa dia jadi saksi gitu?” Usman bertanya dengan penuh rasa penasaran ke gue. Iya. Emang dia lolok. Asli. Entah dijual kemanalah sisa-sisa otak dia ini. Gue lebih memilih diam dan meneruskan panggilan ke luar untuk menelpon adek gue yang udah daritadi pagi pergi buat nyoblos.

*telpon tersambung*

*beberapa menit kemudian*

*telpon gue tutup*

“Man. Kata adek gue masih rame di TPS. Selow aja ya kita berangkatnya..”

“Kayaknya ini udah siang, Pik. Udah mau Dzuhur. Masa iya masih sepi??.” Doi ga percaya. Entahlah. Gue harus ngomong pake sumpah apa ini sekiranya biar dia bener-bener bisa percaya. Ya tuhan. Terlalu pagi cobaan yang engkau berikan ini. Doa seorang teman, untuk teman.

“Entar ya, Man. Gue mau beres-beres kamar dulu. Abis itu kita berangkat.” kata gue ke dia sambil pergi masuk ke dalam rumah.

Usman itu, memang anaknya gupek. Paling ga bisa bener yang namanya “sabaran”. Kalo dia udah ada mau, ato ada target gitu, beh! Mending ga usah diladenin lah. Yang ada, entar yang perlu siapa, yang jadi ikutan gupek siapa. Tapi, selain daripada itu, yang gue seneng dari Usman ini ada. “Dia adalah satu-satunya temen gue. Temen bermain gue dari kecil, yang paling ga seneng ngomongin masalah cewe!” Yups! Dia juga seorang jomblo maniak. Sama kayak posisi gue saat ini. Eh, bukan berarti dia ga pernah ngerasaain yang namanya pacaran. Tapi, entah kenapa dia ini paling males kalo misalnya lagi kumpul-kumpul gitu, terus ngebahas yang namanya cewe. Prediksi gue sih selain dia mulai mengalami MUTASI GEN untuk menjadi seorang homo, gue rasa dia ini tipe-tipe cowo pemilih gitu. Ato jangan-jangan dia gagal Move On lagi? Oh, tidak! Kasian. *puk-puk-in-usman*. Nah. Itulah alasan gue kalo lagi pada kumpul, tapi Usman ga ada, rasanya itu ibarat sayur tanpa kuah rendang. Ga lengkap aja. Pastinya gue yang bakal kena siksa sama anak-anak yang laen. Gimana ga kena siksa. Temen-temen gue yang laen itu kalo udah mentok ga ada pembicaraan lagi, ya gitu deh. Ujung-ujungnya ngomongin cewe. Nah, makan ati kan gue dengernya. Sabarrrr!!!!!

*ga lama, gue keluar lagi menemui Usman*

“Man. Gue mandi dulu, ya..”

“Lebay amat sih, Pik. Udah. Ngapain mandi..” kata dia menjawab. Sepertinya gue lagi dihasut oleh roh jahat yang menyerupai temen gue sendiri.

“Yaudah, deh, kalo gitu..” Gue pun termakan bujuk rayuan si roh jahat tadi. Pas kami berdua mau berangkat, tiba-tiba adek gue pulang. Setelah ia memarkirkan motornya, gue membuka omongan dengan bertanya: “Gimana? Masih rame ga?”

“Engga, Bang. Udah sepi..”

“Oh, yaudah. Kita nyoblos di TPS mana? Di deket masjid bukan?.” tanya gue buat memastikan. Tiba-tiba saat Usman mendengar gue bertanya gitu ke adek gue, Ia pun memotong pembicaraan kami berdua dengan berkata:

“Ko TPS masjid, Pik? Bukanya deket rumah Refki?”

Gue bengong. “Loh? Kok TPS deket rumah Refki, Man?”

“Iyalah. Kita nyoblos di sana, Pik.” Usman mencoba meyakinkan gue. Di sini tiba-tiba gue merasa sebagai orang asing. Dalam hati gue berfikir keras: sebenernya yang kakak-adek ini siapa sih? Gue sama adek gue ini. Apa gue sama si Usman, ya? Jangan-jangan kami adalah bayi kembar yang tertukar. Bayi kembar yang sengaja dipisahkan dari lahir! Masa adek gue nyoblos di TPS deket masjid daerah rumah gue, sedangkan gue di TPS deket rumahnya si Refki sama kayak dia?!?!?!

“Iya tah, Man??.” tanya gue ke dia masih bingung. Coba, mana kartu pemilih lo. Sini gue liat. Kita samain dulu.” Lanjut gue ngomong ke dia semakin penasaran. Di sinilah seandainya saja jika tuhan ingin mempertemukan dua saudara kandung yang sudah lama terpisahkan. Usman memberikan kartu pemilihnya ke gue. Gue juga demikian. Mengeluarkan kartu pemilih gue dari kantong celana. Pas kami berdua saling menyocokan kartu pemilih satu sama lain. Jeng! Jeng! Jeng!

kartu untuk pemilihan suara punya gue.

kartu untuk pemilihan suara punya si Usman.
“Loh? Ko beda ya, Pik??” Usman heran. Dia kayak ga terima gitu setelah melihat lokasi TPS-nya yang ga sama. “Lo ini sebenrnya RT-nya siapa sih, Pik? RT depan bukan lo??.” tanya dia ke gue sambil menunjuk rumah Pak RT yang dimaksud.

“Bukan, Man. Gue, RT belakang..”

“GOBLOK! KENAPA GA BILANG DARITADI TOPIK!!! GUE UDAH BERJAM-JAM NUNGGUIN LO!!!” kali ini si Usman ngomongnya campur melotot ke gue. Matanya gede. Ngurat. Kayak mau nelen gue gitu.

“Nah, gue kira, lo satu RT juga, sama kayak gue, Man..”

“ADUH. KENAPA KITA JADI MISKOMUNIKASI GINI SIH, PIK!!!.” Usman semakin murka.

“Hahaha. Ya mana gue tau lah. Kira gue kita sama RT-nya.” Gue ngakak.

“KACAU! GUE UDAH LAMA-LAMA NUNGGUIN LO DARITADI!!! MANA PAKE ACARA SELOW-SELOW SEGALA PULA! BISA-BISA GOLPUT GUE INI, PIK!! UDAH JAM BERAPA INI?!?!?! Usman makin panik ga jelas. Nampaknya alasan dia buat golput semakin kuat dengan timbulnya sebuah perbedaan RT ini.

“HA.HA.HA.HA.HA.HA. Yaudah. Lo temenin gue dulu nyoblos di TPS gue, entar lo gue temenin nyoblos ke TPS lo. Sumpah. Gue ga tau, Man, kalo kita beda RT. HA.HA.HA.HA.HA.HA.”

“UDAH, PIK. JANGAN KEBANYAKAN KETAWA LAGI LO! BURUAN BERANGKAT!! INI UDAH JAM BERAPA?!?!?! BISA-BISA GA NYOBLOS GUE INI!!!” Usman gondok. Gue masih aja ngakak. Sampai pada akhirnya kami berdua pun berangkat pergi untuk memilih siang ini.

Ha.Ha.Ha.Ha.Ha.


 
Back to top!