sedang mencari...
Tuesday, February 7, 2017
Tuesday, February 07, 2017

ASI Eksklusif

Hallo, selamat malam para jombloan dan jomblowati di mana pun kalian bergalau ria malam ini! Gimana nih kabar hati kalian semua? Sehat? Hahaha..

Biar kesannya sedikit ada basa-basi, izinkan gue sejenak untuk membacakan sederet puisi puitis karangan gue sendiri yang udah susah payah gue buat beberapa hari kemarin. Berikut bunyinya..

-

Puisi: Pergantian Waktu.
Karya: Taufik Zainal.

Hari.
Hari berganti..

Bulan.
Bulan berlalu..

Tahun.
Tahun pun telah berubah..

#Keren

-

-

-

Oke langsung aja. Kayaknya gak ada manfaatnya sama sekali buat kita cerna puisi di atas.

Hmm.. Gak kerasa ya udah tahun 2017 aja nih sekarang. Ngomong-ngomong masalah tahun 2017, post gue malem ini juga merupakan postingan pertama gue loh di tahun 2017 ini..

Eh Cieee..

*apasih!*

*ini gak penting!*

*skip!*

Gue gak tahu. Kenapa setiap awal pergantian tahun biasanya dimulai dengan awal pergantian cuaca juga. Setiap yang namanya awal tahun, gue peratiin pasti identik dengan musim hujan. Itu kenapa? Ada yang bisa ngejelasin?

Waktu tuh gue pernah nanya sama temen sekelas gue kek gini:

Gue: “Eh, Zha, kenapa, ya, kok tiap awal pergantian tahun pasti musim hujan kek gini?”

Irzha: “Mungkin ini kumpulan air mata dari para kaum-kaum jones kek lo ini kali, Pik..”

Gue: “Oh.. Makasih ya, Zha, buat jawabannya..”

Irzha: *ngejawab dengan ekspresi datar* “Iya, Pik, santai aja..”

Gue: *buru-buru nyobekin kertas selembar buat nulis surat wasiat* #hiks

-

-

-

Di luar emang lagi hujan. Dan gue memutuskan untuk meyudahi aja dulu buat ngelanjutin Skripsian gue malam ini. Eh, iya.. gue lupa cerita. Tahun ini gue juga lagi disibukan sama yang namanya Skripsi! Ini adalah tahun di mana gue bakalan sering begadangan (lagi) sampe larut malam (lagi) buat ngerjain itu semua. Yang artinya; gue harus siap dengan kondisi mata yang sekilas kalo dilihat dari kejauhan kek anak-anak abege over gaul yang abis mabok micin satu baskom gara-gara semalaman gak bisa setiduran. Indah banget. (Baca: dasar kampreet!).

Bicara soal Skripsi. Gue jadi keinget kejadian beberapa hari yang lalu. Tepatnya kejadian di dalam perpus sewaktu gue lagi nyari-nyari referensi masalah Skripsi gue minggu lalu. Lebih tepatnya lagi; kejadian sewaktu gue dan temen-temen yang lain lagi (sok) sibuk-sibuknya bongkar sana-sini Skripsi para sesepuh-sesepuh kami terdahu. (Baca: kakak tingkat).

Gue: “Zha, kira-kira kalo misalkan judul gue yang ini ditolak, gue ngambil judul apaan lagi, ya?”

Irzha: *ngejawab sambil pasang muka kusut* *lebih kusut daripada keset kaki* “Pik, otak lo itu kalo dijual, pasti harganya mahal..”

Gue: “Jadi gue ngambil penelitian tentang otak nih, Zha???”

Irzha: “Tuh, kan, bener.. Pasti mahal.. Coba sekali-kali otak lo itu digunain sih, Pik, buat mikir!”

Gue: “I---I---Iyaaa.. ini u-uudah gue pake, Zhaa.. buat mikir.. Ini kan gue lagi mikiirrr.. mau ngambil apaan..” *gue tegang*

Irzha: “Udahlah, coba lo diem dulu.. Gue aja masih pening ini mau ngambil judul apaa..” *sembari si Irzha menaruh beberapa Skripsi kakak tingkat yang dipegangnya tadi kembali ke asalnya* “Oh.. Lo coba ngambil materi tentang anak-anak kebidanan aja, Pik..” *sambung Irzha heboh ngasih masukan ke gue*

Gue: “Materi anak-anak kebidanan? Masalah-masalah reproduksi gitu? Emang tampang gue se-mesum itu ya, Zha?????”

HA.HA.HA.HA.HA.HA . . .

*Irzha ngakak*

*Gue bengong*

*Irzha masih ngakak*

*Gue pasrah*

-

-

-

Sembari mikir, gue berjalan menjauh dari tumpukan-tumpukan Skripsi di barisan di mana posisi Irzha sedang berdiri saat ini. Pada akhirnya gue pun mendapati Sidik temen sekelas gue yang lain yang lagi sok serius ngebaca-baca Skripsi punya kakak tingkat. Gue pun mendekat. Sidik. Temen sekelas gue yang kalo lagi ngobrol sama dia pasti sibuk ngebahas masalah ayam jago melulu sedaritadi gue peratiin hampir gak berkedip sama sekali itu, gue rasa adalah orang yang tepat buat gue ajak tukar pikiran saat ini.

Gue: “Dik, lo ngambil judul apaan? Serius amat???” *Tanya gue penasaran*

Sidik: “Enggak, Bang, ini gue kek kenal sama anak ini. Kayaknya ini temen gue pas masih SD dulu. Tapi gue lupa nama panjangnya siapa. Gue cuma tau nama depannya aja..” *jawab sidik ke gue sambil menunjukan foto orang yang ia maksud*

Gue: “Hah? Jadi lo daritadi cuma mikirin siapa nama lengkap temen SD lo ini???” *Tanya gue setengah melongo ke dia*

Sidik: *menganggukan kepala*

Setelah membaca Istighfar dalam hati sebanyak-banyak mungkin, gue mengambil nafas dalam-dalam. Fine. Gue rasa nih anak tadi pagi sebelum berangkat ngampus kepalanya abis kebentur sejenis benda-benda keras. Pas mau mandi gak sengaja kepleset dalam kamar mandi, misalnya..

Gak mau mengganggu konsentrasinya yang sedang berfikir keras mengingat siapa nama lengkap temen SD-nya itu, perlahan gue menjauh.

-

-

-

Anak-anak kebidanan??? Aduh.. siapa, ya? Siapa yang bisa gue susahin kalo gitu?”. Tanya gue kebingungan dalam hati. Gue muter otak. Dalam hati gue kembali bertanya-tanya: “Kira-kira materi apa ini tentang anak-anak kebidanan yang bisa gue ambil?????”.

Hmm.. Pada saat posisi otak udah terlalu mentok mikir kek gini, kayaknya ada benernya juga kata si Irzha tadi. Agaknya emang mahal banget harga nih otak kalo misalkan gue jual. #hiks

Tetiba aja gue jadi keinget sama biduan bohay kampung sebelah si Ratu. Adek tingkat gue sewaktu masih di-D3 dulu. Gue baru inget, kalo Ratu baru aja selesai ngelanjutin kuliah D4 kebidanannya baru-baru ini. Pada akhirnya gue pun memutuskan untuk segera meneleponnya. Yang artinya; niat gue buat ngejual otak hari ini pun ke-pending dulu. #senyumpepsodent.

*gue pun langsung menelepon Ratu*

Setelah berkali-kali gue menelepon Ratu, akhirnya telepon pun (tetap), gak diangkatnya (juga). Luar biasa.

Gak lama henpon gue bergetar. Gue ngeliat ke layar. Ternyata itu panggilan masuk dari Ratu.

“Hallo, Kak, iya.. Kenapa? Kenapa? Hahahaha..”. Jawab Ratu dari balik telepon setelah panggilan masuk darinya gue angkat.

“Lo abis pingsan, kena bius, ato gimana ini ceritanya?”. Balas gue sedikit becanda ke dia.

“Hahaha.. Gue tadi abis.. bla.. blaa.. blaaa..”. Kata si Ratu ngasih sedikit pembelaan singkat ke gue. “Kenapa, kak? Kenapa? Kenapa? Gak biasa-biasanya lo nelepon sampe berapa kali gitu??? Hahahaha..”. Lanjut Ratu nerusin obrolan dari sana diiringi tawa meriah gak pake jeda spasi.

Gue menjauhkan henpon sebentar dari telinga. Memastikan bener si Ratu ato bukan yang lagi teleponan sama gue saat ini. Gak lama henpon kembali gue tempelkan lagi di telinga kiri gue.

“Enggak, jadi gini, Ratu.. Elu kan baru aja abis selesai nyusun Skripsi...”

“Iyaa.., terusss???”

“… Gue kan lagi bingung nih mau ngambil penelitian tentang apa.. Nah.. maksud gue, kira-kira lo ada masukan gak buat gue, bagusnya kalo anak Promkes (Promosi Kesehatan) kek gue ini ngambil penelitian tentang apa, ya??? Masalah Promkes, tapi yang masih berhubungan sama materi anak-anak kebidanan gituu???”. Sambung gue ngelanjutin obrolan panjang lebar ke dia.

“Emm.. apa, yaaa?????”

“Kalo misalkan tentang Asi Eksklusif deh, Ratu.. Kira-kira lo ada gambaran gak tentang apa gitu???”. Samber gue mutus obrolan ke Ratu, yang kesannya bisa-bisa keburu magrib kalo gue harus nungguin dia buat mikir.

“Oh.. Ya gue kemarin Tugas Akhirnya ngambil materi tentang Asi Eksklusif, kak.. Hahahaha..”

“Hah? Yang bener???”

“He.em.. Beneran..”. Jawab Ratu sok manis dari sana.

“Yaampuuunn.. kebetulan banget ya, Ratuuuu.. HA.HA.HA.HA.HA.HA…”. Kali ini gue yang heboh. “Lo ngambil judul apaan emangnya???”. Sambung gue lagi ngomong ke dia dengan posisi henpon yang masih gue tempelkan di telinga kiri.

“Gue waktu itu ngambil judul; bla.. blaa.. blaaa..”. Ratu menyebutkan judul Tugas Akhirnya itu ke gue.

“Oh gitu.. Kalo misalkan gue ngambil judul kek lo gini, itu kira-kira sampel atau populasinya pas gue penelitian nanti gimana, Ratu???”. Gue mulai serius.

“Ya lo nantinya.. bla.. blaa.. blaaa..”. Lagi-lagi Ratu mencoba menjelaskan secara detail ke gue.

“Itu maksudnya gimana sih, Ratu???”. Tanya gue setengah kurang ngeh sama penjelasannya barusan. Untung gak ada Irzha, kalo gak, fix otak gue bakal disuruhnya untuk segera dijual.

“Gini loh, kak.. Jadi lo itu nantinya; bla.. blaa.. blaaa.. sambil; bla.. blaa.. blaaa..”. Jawab Ratu dari seberang sana yang kesannya terdengar kek orang lagi kumur-kumur pake kuah kolek. Trabas abis gak pake jeda. “Gimana? Maksud, gak?”

“Hahaha.. Aduh, gue gak paham, Ratu.. Bentar, bentar.. Gue nanya sama temen gue anak kebidanan dulu, ya.. Biar nanti tinggal dianya aja yang ngejelasin ke gue..”

Gue langsung tengok kanan-kiri. Kedua mata gue tertuju ke arah Novi. Sewaktu D3-nya dulu, si Novi ini juga anak kebidanan. Gue pun memutuskan untuk nyamperin dia.

Gue: “Nop, lo kan dulu D3-nya anak kebidanan nih, ya.. Kalo gue ngambil judul tentang; bla.. blaa.. blaaa.. Nyambung gak, ya???” *Kata gue ke dia ngomongin tentang penelitiannya si Ratu tadi*

Novi: “Iya, nyambung kok, kak..”

Gue: “Yakin nyambung?????”

Novi: “Iyaa..”

Gue: *berbisik pelan ke Ratu dari balik telepon* “Ratu, bentar, ya, jangan dimatiin dulu..”

“Iyaa.. Santai, kak.. Hahaha..”. Balasnya heboh dari balik telepon miliknya.

Gue: “Oh.. gitu, ya, Nop? Jadi, kalo misalkan gue ngambil--- Aduh, apa tadi kan judul penelitiannya temen gue.. Lupaaa.. Bentar, Nop..”

“Ratu, apa tadi judul penelitian lo? Gue lupa..”

“Hahaha.. Judulnya; bla.. blaa.. blaaa.. --- pada --- bla.. blaa.. blaaa..”

“Oh.. Iya.. Iya..”

Gue: “Nop, kalo misalkan gue ngambil penelitian; bla.. blaa.. blaaa.. --- pada --- bla.. blaa.. blaaa.. Bisa, gak???” *Sambung gue nerusin omongannya si Ratu ke Novi yang sempat keputus barusan*

Novi: “Iya.. Ngambil itu aja.. Simpel, kok.. Gak ribet-ribet amat..”

Gue: “Oke deh kalo gituu..”

Gue berjalan menjauh sedikit dari Novi. Selain karena di ruangan perpus ini entah kenapa susah banget sama yang namanya signyal, kaki gue juga rasanya pegel abisss.. ngobrol sambil berdiri daritadi. Setelah gue menemukan posisi tempat duduk yang nyaman (Ya gak nyaman-nyaman amat sih sebenernya.. Secara di pojokan bangku dari posisi tempat gue duduk ini kok bisa-bisanya lah ada capung mati gak ketahuan sampe-sampe dikerumunin banyak semut gitu? Btw, ini kerjaan petugas perpusnya ngapain aja heh?!!), gue kembali melanjutkan pembicaraan panjang lebar masalah Tugas Akhir ini sama si Ratu.

Singkat cerita, setelah gue berhasil merayu Ratu agar mau bergabung masuk anggota MLM yang gue kelola merasa (sedikit) agak paham tentang apa itu penelitian mengenai Asi Eksklusif miliknya (dan meminta dengan memasang nada melas agar ia mau mengirimkan soft copy-nya itu), kami pun pada akhirnya memutuskan untuk segera menentukan tanggal pernikahan menyudahi percakapan via telepon ini.

-

-

-

Mahasiswa.

Yoi. Dua tahun belakangan ini gue kembali (lagi) menjadi seorang mahasiswa (la-gi!). Akan tetapi, kali ini berbeda. Yang namanya kuliah konversi itu (kuliah lanjutan dari kuliah sebelumnya), menurut gue kurang sedikit greget. Kenapa? Karena temen-temen satu angkatannya udah pada beda-beda jauh gitu umurnya. Udah pada gak seumuran lagi. Yang artinya; “cara bercandaannya pun sudah jauh berbeda”. Hmm.. Tiba-tiba aja gue jadi kangen sama temen-temen gue sewaktu masih di-D3 dulu, nih.. Huhuhu..

Btw, ini terlalu lebay gak, sih?

*Bodo amat deh*

Gue kembali lagi nyamperin si Novi yang sedaritadi masih tetap gak bergeser dari posisi nyaman itu.

Gue: “Nop, lo udah nemu, kira-kira mau ngambil apaan buat cadangan judul???”

Novi: “Kayaknya gue ngambil penelitian tentang ini aja deh, kak..” *Sambil Novi menyodorkan coretan kecil tentang penelitian yang mau diambilnya itu*

Gue: “Yakin itu gak ribet, Nop???” *Tanya gue untuk sekedar memastikan*

Belum sempat si Novi ngejawab pertanyaan gue barusan, tiba-tiba si Irzha nyamperin kami berdua. Iya. Si kampret ini emang ada di mana-mana. Gue juga heran.

Irzha: “Udah nemu judul, Pik?” *Tanya Irzha ke gue sambil mengambil beberapa Skripsi kakak tingkat yang ada di hadapannya si Novi saat ini*

Gue: “Belum, Zha, ini gue masih minta masukan juga dari Nopi..”

Irzha: “Emm.. Emang lo mau ngambil penelitian tentang apa?”

Gue: “Asi Eksklusif” *Jawab gue santai ke dia*

Irzha: “Apaaa???”

Gue: “A-si-Eks-klu-sif, Zha, kenapa???” *Tanya gue dengan nada mulai sedikit curiga ke dia*

Irzha: “Nah! Itu aja, Pik! Cocok tuh buat lo!!!”

Gue: *sembari mengerutkan dahi* “Co-cok???”

Irzha: “Iya cocok. Soalnya gampang-gampang agak sedikit ribet juga sih materi tentang penelitian Asi Eksklusif itu. Lo mau ngambil judul tentang masalah apa sama Asi Eksklusif ini?

Gue: “Judulnya: bla.. blaa.. blaaa.. --- pada --- bla.. blaa.. blaaa..”

Novi: “Iya, kak, ngambil itu aja.. Enak.. Gak terlalu ribet..” *Samber Novi motong obrolan seolah sedang meyakinkan seorang korban*

Irzha: “Asli! Bagus, Pik! Cocok sih judul itu buat lo.. Pas aja..”

Gue: *kembali mengerutkan dahi* “Pas??? Jadi, maksud lo bedua, muka gue mirip-mirip kek payudara emak-emak yang lagi sibuk netekin bayi-bayinya gitu?????”

HA.HA.HA.HA.HA . . .

HA.HA.HA.HA.HA . . .

HA.HA.HA.HA.HA . . .

*mereka berdua spontan ngakak*

Gue: *masih dengan ekspresi muka kebingungan* “Lo berdua ke-na-pa, sih? Kok pada nga-kak???”

Irzha: “Hahahaha.. Pik.. Pik.. Pantesan lo ini jomblo, ya! Cewek mana coba yang tertarik sama lo?! Kalo lo nya aja koplak kek gini!!!” HA.HA.HA.HA.HA . . .

- - -

Pada akhirnya gue pun tertunduk lesu. Semakin pasrah dengan posisi yang kian terpojok. Hal yang bisa gue lakukan hanyalah menikmati tawa lepas bahagia mereka berdua saat ini. #Sial.

-

-

-

Oh, iya.. Ngomong-ngomong masalah ASI Eksklusif, buat kalian yang belum pada tahu apa itu ASI Eksklusif, khususnya buat kalian para jones-jones yang belum pada married (Gimana mau married coba? Pasangan aja kagak ada. Iya, kan?), gue bakal ngasih sedikit penjelasan nih, mengenai; “apa sih ASI Eksklusif itu?”.

*ehmm..*

*tolong disimak..*

Jadi gini loh, Mblo.. ASI Eksklusif itu adalah ASI yang diberikan kepada bayi tanpa adanya suatu makanan tambahan dan cairan lain. Misalnya kek susu beruang formula, segala macam jenis buah, air teh, madu, atopun tanpa adanya makanan tambahan padat. Seperti halnya pisang, pepaya, biji nangka bubur sumsum, biscuit, dan hal lain yang sejenis pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Nah, kalo udah berusia 6 bulan, barulah si bayi tersebut boleh diperkenalkan dengan makanan-makanan yang sifatnya padat. Inget, padat yang gue maksud di sini bukan berupa benda-benda padat material untuk bahan bangunan, ya! Yakali anak bayi dikasih makan semen campur batu-bata! Bisa kelar nasib anak lo nanti, Mblo!

Sebenernya bukan harus berhenti di usia 6 bulan aja, pemberian ASI kepada bayi itu dapat diberikan dalam jangka waktu selama 2 tahun atau dan boleh lebih dari 2 tahun. Soalnya ASI merupakan sumber nutrisi yang bagus tuh buat si bayi. Komposisi yang terkandung di dalam ASI itu bisa menunjang tumbuh kembangnya kesehatan jasmani dari para suami si bayi kelak. Kenapa??? Karena di dalam ASI Eksklusif terdapat kandungan antibodi alami dari si ibu yang dapat membantu dalam mencegah infeksi serta gangguan kesehatan pada bayi. Dan menurut buku yang pernah gue baca (cailah!), ASI Eksklusif adalah sebagai sumber nutrisi yang paling baik (dan terlengkap) yang dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan si bayi. Intinya, pemberian ASI Eksklusif pada bayi itu sangat penting deh, Mblo, untuk diberikan.. Oke??? Gimana? Paham, gak, sekiranya??? *Jangan cuma dibaca, ini sambil dicatet, ya, Mblo!*

*balik lagi ke tema awal*

Setelah mereka berdua terlihat selesai menikmati tawa bahagia di atas penderitaan gue barusan, kembali gue membuka percakapan baru ke Irzha.

Gue: *berjalan mendekat ke arah di mana posisi si Irzha sedang berdiri saat ini* “Zha, kira-kira lo ada masukan gak masalah Asi Eksklusif ini???”

Irzha: “Aduh, gue kurang paham nih, Pik, kalo masalah materi anak-anak kebidanan..” *jawab Irzha ke gue* *iya, standar abisss...*

Gue: “Emang dulu anak-anak Keperawatan gak belajar, Zha, masalah ASI-ASI gitu?????”

Irzha: “Ya dulu kami belajar.. Tapi gak sedetail dan serinci mereka.. Cuma sekedarnya aja.. Gak mendalami banget..”

Gue: “Oh.. Gituuu.. Terus kalo misalkan gue ngambil penelitian masalah Asi Eksklusif, berarti sampel dan populasi gue nanti rombongan emak-emak gitu dongggg???”

Irzha: “Yaiyalah, Topiiikkk.. Masa lo ngambil penelitian tentang ASI Eksklusif, terus sampel sama populasi lo gerombolan anak-anak SD yang lagi maen wayanggg…!!!” *Irzha berubah menjadi super saiya*

Gue: “Bu-bukaannn.. Bukan, gitu maksud gueeee.. Maksud gue entar pas penelitiannya gue tuh harus ngapain sama emak-emak itu??? Meratiin posisi tetek mereka yang lagi pada sibuk netekin bayinya satu-persatu gitu? Abis itu gue ceklist, mana posisi netekin yang bener, mana posisi netekin yang salah? Gitu bukan? *Tanya gue beneran masih gak paham ke dia*

Irzha: “Ya gak gitu juga kali, Pik…!!! Itu mah lo menang banyak namanyaaa!!! Masa emak-emak lagi sibuk nyusuiin anaknya terus lo peratiin satu-satu kek gittuuuu??!!! Yang ada lo bisa kena tujah sama suami-suaminyaaa..!!!

Gue: “Ya jadi gue tuh harus ngapain, Zhaaa?????” *kali ini gue tambah bingung*

Irzha: “Jadi.., di-Asi Eksklusif itu ya, Pik.. Lo nantinya bisa aja ngambil penelitian tentang; bagaimana.. bla.. blaa.. blaaa.. ato bisa juga; blaaaa.. blaaaaa..” *Irzha mulai ngerocos panjang lebar ngejelasin ke gue mengenai gambaran tentang penelitian tersebut*

Gue: “Oh.. gittuuu..” *jawab gue ke dia seolah bener-bener udah paham banget dengan apa yang barusan dijelaskannya*

Irzha: “Iyaaaa.. Bukan sibuk meratiin satu-persatu emak-emak yang lagi pada sibuk nyusuin anaknya! Udah ah, gue mau baca ini dulu, lo cari ke lemari sana tuh, tempat Skripsinya anak-anak kebidanan..” *Bales Irzha gondok ngomong ke gue, sembari ia melanjutkan membuka halaman demi halaman Skripsian kakak tingkat yang sedang dibacanya saat ini*

Takut si Irzha semakin ganas, gue pun bergegas pergi meninggalkannya. Mengarahkan kedua langkah kaki menuju ke arah tumpukan-tumpukan lemari Skripsi milik anak-anak kebidanan yang terletak di pojokan ruangan perpus sebelah kanan dari posisi gue berjalan saat ini. Sambil berjalan, gue berdoa dengan penuh hikmat dalam hati; “ya Tuhan.. Kelak seandainya judul Skripsi ini nantinya di-acc oleh dosen, lancarkanlah segala macam urusan untuk penelitian dalam hal tetek-menetek ini. Jangan sampe para suami-suami mereka kelak melempari kepala hamba dengan batu-bata ataupun benda-benda tajam lainnya”. Iya, semoga. Aamiin..

Buat jaga-jaga keselamatan, kayaknya balik dari sini nanti gue mesti banyak-banyak belajar ilmu rawa rontek, deh.. #hiks.



 
Back to top!