sedang mencari...
Thursday, April 13, 2017

Candaan Lalu

Pernah gak sih kalian ngebayangin gimana rasanya jadi orangtua?

Yah buat yang udah menikah dan berumah-tangga sih pastinya gak perlu ngebayangin lagi lah ya gimana rasanya jadi orangtua itu gimanaa..

Tapi buat kalian yang statusnya saat ini masih single (bujang/gadis)?

Pernah, gak???

Huhuhu..

***

Oke..

Beberapa hari ini kondisi badan gue bener-bener lagi drop. Iya, gue curhat. Bawaannya minggu-minggu ini gue cuma pengin sandaran aja di bahu kamu tidur-tiduran aja istirahatan di rumah. Gak lebih daripada itu yang bisa gue laukukan.

Kayaknya gue mau kena demam, deh..

Ah semoga aja enggaklah..

Ini maksudnya gimana sih?

Bodo ah.

Kemarin gue baru aja mengeluhkan keadaan kondisi badan gue ini ke nyokap. Gue bilang kalo gue (kayaknya) mau kena demam. Dan itu terpaksa gue lakukan. Gue beneran udah gak kuat dengan kondisi badan yang rasanya nano-nano gak beraturan kek gini. Sebenernya gue paling males bilang ke nyokap/ngasih tahu nyokap tentang hal-hal kek beginian. Kenapa? Karena gue tahu, yang ada nantinya nyokap (pasti) bakalan gupek sendiri. Gupeknya nyokap malah terkadang ngalah-ngalahin kepanikan dari anaknya yang sedang sakit.

Tapi percuma.

Semua sudah terjadi.

Dan benar sajaa..

Ketika kemarin gue bilang: “Mah, kayaknya Abang mau demam.. Rasa badan meriang gini udah beberapa hari ini..”

--- Gak lama.. ---

“Nah, kaannn..”

“Apa Mamah bilanggg..”

“Makanya kurangin begadang-begadang ituuuu..”

“Banyakin istirahat..”

“Jaga kesehatan..”

“Yaudah, sini Mamah kerokin dulu, itu pasti masuk angin.. Abis itu berobat ke dokter xx aja dulu.. Kalo jam segini masih buka tempat prakteknya, belum tutup..”

“Banyakin minum air putih...”

Oke, Nyokap heboh.

Gue gak mau dikutuk jadi batu. Sambil menahan rasa meriang yang semakin menjadi-jadi, antara fokus gak fokus gue tetep dengerin ceramah gratisan dari beliau, gue cuma bisa pasrah, dan memilih untuk gak ngejawab apa-apa.

***

Satu hal memang yang gue gak pernah paham dari nyokap. Tiap kali gue mengeluhkan rasa gak enak badan, nyokap pasti langsung memvonis gue “masuk angin”. Pasti. Gak jauh-jauh dari itu. Gak ada diagnosa lain yang lebih greget daripada itu. Pokoknya bisa dibilang sejenis vonis andalan banget dari beliau.

Dikit-dikit masuk angin..

Dikit-dikit (pasti) masuk angin..

Ujung-ujungnya?

Oke, gue harus tabah menahan rasa sakit dari ritual kerokan tersebut.

Ya Tuhan..

taufik zainal blog
baru tahu gue, ternyata Hulk kalo sakit kerokan juga, ya?

Jujur, gue itu sebenernya udah lama banget suka sama kamu paling gak kuat (dan gak suka juga) sama yang namanya kerokan/kerikan. Bukannya apa, kerokan itu menurut gue sakit gila Maaaaaannnn!!! Asli, beneran gak kuaaattt!!!

#guenyerah

#lambaikantangankemantan

Lah?

Selain emang karena fisik gue nih yang bisa dibilang lemah banget (bahkan lebih lemah dari sebuah tatapan mata waktu gak sengaja harus berpapasan sama kamu karena gak tahu harus menyapamu dengan kalimat apa), mungkin semua ini tuh karena faktor gue nya yang terlalu kecapean ngejar-ngejar kamu dari dulu jugaa..

Masalah deadline skripsi..

Nyari refrensi sana-sini..

Begadangan..

Makan selalu gak teratur..

Belum lagi ditambah dengan rutinitas harian yang padet..

Ughhtt..

Sok sibuk banget memang.

--- Singkat cerita ---

Setelah gue selesai abis dari kerokan, gue pun menuruti nasehat beliau untuk melakukan cek (berobat) ke salah satu tempat praktek dokter yang letaknya emang gak jauh dari rumah. Dari rumah gue ini, emang ada sekitar tiga tempat gitu dokter yang membuka praktek (klinik tempat berobat). Nyokap emang selalu menganjurkan kalo sakit mendingan langsung aja berobat ke tempat prakteknya dokter xx tadi. Dan gue juga gak pernah ngerti untuk urusan ini. Mungkin sejenis sugest orangtua/pasien-pasien pada umumnya kali, ya.. Moment di mana sewaktu ketika si pasien tadi pernah berobat di situ (dan dirasa cocok), maka daya rekam otak mereka pun mulai men-sugest disitulah tempat berobat yang paling pas bagi si pasien tadi. Kebanyakan memang seperti itu, sih.. Dan gue rasa seperti itu juga kurang lebihnya yang terjadi pada nyokap gue.

Tapi gue gak ambil pusing sih kalo untuk urusan kek gitu. Menurut gue, semua tempat berobat itu ya sama saja. Maka gue pun segera meng-iya-kan. Intinya gue udah gak kuat nahan rasa badan ini. Iya, gue cemen. Nahan kekosongan hati berjuta-juta tahun aja gue kuat, naini nahan rasa demam gak seberapa kek gini aja kebanyakan ngeluh. Gue lelaki lemah. Hiks.

Gue pun segera menuju ke-TKP.

Pergi sendiri, Pik?????

Iya, sen-di-ri.

Tanpa adanya kamu yang menemani.

#halah

***

Tapi jujur, gue sayang banget sama nyokap (buat yang mau nangis, silahkan. buat yang muntah baca kalimat barusan juga silahkan. pokoknya kategori bebas. hahaha).

Gue emang paling gak tega kalo ngeliat nyokap khawatir (apalagi menambah beban pikiran beliau) sampe kek gini. Ya memang sih, namanya juga khawatir buat anaknya sendiri. Tapi kadangan gue ngerasa kasian aja. Toh gue nih udah gede (maksud gue gede fisiknya, bukan gede yang lain-lain, ya..), bukannya sibuk jagain nyokap, malah sibuk nyusahin nyokap. Bener gak?

Kebalik.

Ckckck..

Selain daripada itu, nyokap gue juga adalah sosok ibu yang unik di kehidupan gue sehari-hari. Emm.. Gue gak tahu, ini unik atau apa.. Gue gak bisa jelasin secara detail apa itu definisi unik menurut versi kalimat gue barusan. Gue suka bingung sendiri aja, masalahnya nyokap tuh sering banget membelikan barang-barang/menganti peralatan kamar gue yang udah rusak dengan barang-barang baru yang warnanya tuh lebih dominan ke warna-warna anak cewe.

Masih belum nyambung?

Oke gue kasih contoh.

Semisal gue mengeluhkan lemari kamar gue yang udah rusak (dan memang udah harus diganti dengan lemari yang baru) ke beliau. Maka beberapa hari kemudian nyokap pun langsung membelikan gue lemari baju yang baru memang. Tapi motif lemarinya itu yang bikin geli. Bunga-bunga. #Keren.

lemari kamar
berasa laki banget gue tiap kali kacaan depan lemari ini.

Misalnya lagi.

Gue juga pernah mengeluhkan masalah sisir rambut yang udah mulai gak nyaman dipakai. Maka nyokap pun keesokan harinya membelikan gue sisir rambut yang baru. Setelah melihat secara langsung, lagi-lagi gue terpaksa harus kembali mengangkat kedua alis. Luar biasa. Warnanya gue banget, pink. Imut abiss..

sisir rambut taufik zainal
lemari motif bunga-bunga + sisir rambut berwarna pink = jantan abis.

Dan belum lama ini juga gue mengeluhkan masalah alas tempat tidur gue yang gerah, gak nyaman, dan berbagai macam alasan ini-itu ke nyokap. Beberapa hari kemudian, nyokap pun langsung membelikan yang baru. Seperti gak pernah kehabisan ide yang unik, kali ini nyokap kembali membelikan warna yang gak kalah unyu. Iya, total banget suasana kamar gue sekarang.

alas tempat tidur
curiga. jangan-jangan karena faktor alas tempat tidur ini gue sering mimpi buruk.

Hmm..

Seandainya Ayuk gue masih ada, mungkin dia sekarang bakalan selalu bedua mulu sama nyokap. Jagain nyokap. Jadi temen harian nyokap. Pokoknya semua-semua pasti gak bisa jauh-jauh dari nyokap. Kayak anak-anak cewe kebanyakan pada umumnya gitu. Apakabar, Yuk? Semoga Ayuk sekarang bahagia di surga sana. Aamiin. : ))

Gue jadi teringat candaan-candaan klasik para orangtua-orangtua jaman dulu kepada anak-anaknya. Atau mungkin di antara kalian juga pernah ada yang mengalami/mendengar/teringat tentang candaan-candaan klasik kek gitu?

Seperti:

“Adek anak siapaaa???”

“Adek anak Ayah apa anak Bundaaa???”

“Adek sayang Ayah apa sayang Bundaaa???”

“Adek.. Adek nomor whatsapp-nya berapa, Adeekkk???”

Ada gak yang pernah denger/teringat kalimat-kalimat candaan yang mirip-mirip kek gitu? (kecuali kalimat tanya yang terakhir, baiknya kita abaikan saja. kayaknya itu gak termaksud kalimat canda orangtua untuk anaknya, deh..).

Gue pernah mendapatkan kalimat tanya seperti itu sewaktu gue masih kecil dulu (iya, gini-gini gue pernah kecil jugak!). Waktu itu gue masih ingat betul bokap pernah menanyakan kalimat yang sejenis dari kalimat-kalimat di atas tadi. Dengan posisi gue digendong menggunakan kedua tangannya yang sesekali diayunkan meninggi mengarah ke arah langit-langit atas, dengan polos gue menunjuk gerombolan para tukang becak yang lagi pada nyantai mangkal di perempatan jalan. Gue gak bisa ngebayangin gimana reaksi haru bokap dengan kedangkalan IQ gue pada waktu itu. Iya, pada saat itu gue memang terlalu polos. Ckckck..

Yah, apapun itu, pokoknya gue bener-bener sayang sama mereka. Gue tahu, kepanikan dan segala macam upaya (apapun itu bentuknya) dari hal-hal kecil yang mereka lakukan di atas tadi, gak lain bertujuan/bentuk dari kasih sayang mereka. Gue emang cuma gak kepengin nyokap banyak pikiran aja. Kasian. Seharusnya gue yang harus banyak jagain beliau. Bukan malah buat beliau panik. Itu aja.

Pesan gue cuma satu buat kalian semua:

“Sayangilah kedua orangtua kalian dengan versi kalian selagi kalian bisa dan tentunya semampu kalian. Terlebih jika kalian belum pisah rumah dari mereka. Kalo bukan sekarang, kapan lagi? Takutnya, penyesalan itu keburu datang”. : ))

Dan mungkin karena alasan ini juga sih yang sampai saat ini gue emang bener-bener masih gak kepengin jauh dari mereka.

Terima kasih, Mah.

Terima kasih, Pah.

Maaf selalu merepotkan.

Maaf juga belum bisa melakukan sesuatu, membahagiakan, dan memberikan apa-apa untuk kalian berdua sampai sejauh ini.

Semoga kalian selalu dilindungi, diberi umur yang panjang, dan selalu diberi kesehatan. Aamiin..

taufik zainal
September 1995
blog taufik
Juli 2016

“Dan jika gue memang harus kembali ditanyakan lagi menggunakan pertanyaan yang sama seperti candaan di atas tadi, kali ini gue gak akan memberikan jawaban apa-apa, dengan bangga gue akan segera memeluk mereka berdua.” : ))

***

Oke, sudah terlalu larut. Berhubung besok tanggal merah, selamat berlibur untuk kalian semua. Selamat menikmati waktu santainya. Ingat, ya, sehat itu mahal harganya! Sampe ketemu di catatan berikutnya ~ Bye ~



 
Back to top!