sedang mencari...
Tuesday, June 2, 2015
Tuesday, June 02, 2015

Senyum Itu

Lagi. Lagi. dan La-gi.

Entah kenapa gue selalu ngerasa bete kalo udah ketemu sama yang namanya; ma-lem. Huh, asli monoton banget aktifitas gue belakangan malam ini. Tiap malem geh bisanya cuma bengong-bengong ga jelas kek gini. Kayaknya gue ini butuh refreshing, deh. Maen ke mana gitu, misalnya.. Ato mungkin liburan ke luar kota, misalnya.. Duh, entahlah. Pokoknya gue bener-bener suntuk dengan rutinitas harian gue ini. Rutinitas yang kesannya begitu sangat membosankan ini. Huhuhu..

Malam ini, gue pun pada akhirnya memutuskan untuk maen dan menginap di rumahnya Dhio. Yoi, buat ngebuang rasa suntuk gue gituu.. Setelah tanya yang gue ketik dalam pesan singkat itu dengan sukses terkirim ke dia, Dhio pun membalas pesan singkat itu dengan berkata: “Gue di rumah. Ke sini aja” Tanpa pikir panjang, gue pun dengan sigap langsung menuju ke TKP. Nggak sampe 15 menit gue udah sampe di rumahnya. Ya gimana, jarak antara rumah gue sama rumahnya Dhio tuh ga jauh-jauh amat. Pokoknya masih jauhan antara jarak hubungan kalian para kaum-kaum LDR yang sampai-sampai harus terpisahkan oleh yang namanya; pu-lau! #ahey! ~

hahaha..

*duh, nggak nyambung gitu loohh ~

Hmm.. Sesampainya gue di rumah si Dhio, yah,.. seperti biasa, dia masih aja sibuk dengan dunia game online-nya yang ga seberapa itu. Entahlah. Gue juga bingung. Rata-rata temen-temen gue ini emang pada autis banget sama yang namanya: ga-me-on-line! Ckckck.

Dhio dan temen-temen rumah gue (Sandi, Refki, Berry, Robi, kecuali Usman), hidup mereka tuh rata-rata kalo di-per-sen-ta-se-kan, setiap harinya emang kebanyakan selalu dihabiskan nongkrong di depan layar monitor mulu! Ya kalo ga maen game online, kerjaan temen-temen gue itu ya nge-hack-in akun-akun facebook orang-orang yang ada game online-nya gitu deh! Bwahahaha.. Kriminal. Asli. Ini kriminal sekali saudara-saudara! Memang kerjaan temen-temen gue ini ga patut buat dicontoh! Polisiiii!!! Mana ini Pak Polisiiii!!!! Tangkap mereka, Paaakk!!! Tangkap saja teman-teman saya iniii!!! Hahaha..

Eh, tapi bener, looohh.. Kawan gue si Dhio ini, misalnya.. Anak ini, kuat banget seharian (bahkan sehari semaleman gitu) duduk manis di depan layar PC rakitannya itu. Nggak ada hal lain yang dilakukannya kalo ngga cuma buat menghabiskan waktu dengan yang namanya bermain game online! Duh,.. gile. Kuat banget, yak, matanya??? Gue mah boro-boro bisa tahan sehari semalam kek gitu. Depan Laptop selama satu jam aja udah cenat cenut nih mata! Hahaha. Iya, gue emang pria yang lemah! #Hiks.

Oke, deh.. Cukup sampe di situ aja ngomongin kawan-kawan gue. Setelah gue telaah dengan matang-matang, ga bakalan ada habisnya gue buat ngebahas mereka satu persatu di sini. Nggak ada untungnya jugaaakk.. Dapet jodoh mah kagak ngomongin mereka ini. Kalo tiap gue ngomongin mereka dapet jodoh mah enak. Ato ga, seenggaknya bisa ngebantu gue buat mendekatkan jodoh lahhh.. Lah ini? Yang ada mah cuma nyape-nyapein jari gue doang ngetikin kek beginian.

Btw, sebenernya gue ini lagi ngomongin apaaan, yaa??? Kok ga nyambung gini sih??? Iya. Idup lo, kan, emang udah kelewat jayus, Topik!!! Ckckck..

***
Jadi gini..

Siang tadi adalah hari yang ga seperti biasanya kalo menurut gue. Bukan. Bukan karena tadi siang ada keluarga pasien yang dateng ke ruangan gue terus ngebawain gue jodoh sebagai tanda terima kasih atas jasa-jasa gue terhadap mereka selama iniii.. Maksud gue gini. Tadi siang tuh, kan, hari senin, ya.. Nah,.. cuman, kok, tumben aja pasien yang berobat (ataupun yang melakukan cek lab) itu, ga seperti hari-hari senin seperti biasanya gituu.. Soalnya, sepi bangeeeeeetttt pasiennyaaa..

Gue bukannya mendoakan agar sekiranya warga-warga di sekitar sini tuh pada mendadak dilanda sakit semua gituhhh.. Bukan gitu juga maksud gueee.. Yah,.. pokoknya, gue ngerasa sedikit agak asing aja. Kok ga seperti biasa-biasanya gitu lohhh,.. sepi kek gitu. Kalo tiap hari senin yang udah-udah gue lewati mah ga salah-salah pasien di sini tuh. Beuh!!! Kalo udah ketemu sama yang namanya hari senin, bujug buseeeett... Ruaaamee bangeeeettt!!! Ngalah-ngalahin kek orang pada mau nonton konser deh pokoknya!!! Hahaha..

Tadi siang sih gue sempat ngeluh sama salah seorang dokter di sini. Namanya dr. Jhony. Gue ngomong kek gini ke dr. Jhony: “Kok, tumben, ya, dok, pasien hari ini sepi banget??? Padahal, ini kan, hari senin???.”

Terus, dr. Jhony pun menjawab pertanyaan gue yang ga seberapa itu dengan berkata: “Iya. Kok, tumben, ya??? Oh.. Mungkin pasien-pasiennya pada paham kali, Piiik.. Ini, kan, hari kejepiiitt.. Besok, kan, liburrr.. Tanggal merah. Entar pas hari rabu, baru mereka datengnya pada rombongan.. Janjian dulu kaliii..”

Whahahaha...

Gue langsung ketawa ngakak di dalem ruangan Lab. Yakaliii... Pasien-pasien itu sakitnya bisa dipending duluuu.. Terus, berobatnya pada janjian barengan gituu.. Somplak juga dokter gue satu ini. Ckckck..

Nggak lama, dr. Jhony pun keluar dari ruangan gue. Gue pun merapikan peralatan kerja. Abis itu, karena merasa pasien sepi, gue pun ikutan ngacir deh turun ke bawah. Bwhahahahaha..

Notes: Yang kek begini jangan ditiru, ya, adik-adikku ~

Sesampainya di lantai bawah, duh,.. emang iya! Sepi banget!!

..senangnya hatiku.. ~
..turun panas demamku.. ~
..Inzana oh Inzana.. ~
..oh Inzana.. ~ ~ ~

*loh (?)

Gue pun pada akhirnya mampir ke ruangannya Kak Oke’. Nyantai dululah,.. ngadem di ruangan Apoteker satu ini. Biasaaa.. Ruangan Lab gue itu panas banget sih! Entahlah kenapa?! Gue juga bingungg..?! Kek nya sih banyak aura-aura negatip gituuu.. Hahaha.

Seperti biasa, dia mah udah paham bener apa tujuan gue masuk ke dalam ruangannya itu. Berhubung di dalem ruangannya juga emang lagi ada anak Kebidanan, sama anak Keperawatan Gigi yang sedang PKL, ia pun langsung bilang gini: “Dek, Dek.. Coba kalian geser duluu.. Kasih dulu dia ini tempat duduk. Dia ini mau ngadem masuk sini..”

Whahahaha..

Gue kembali ngakak. Tahu aja dia. Dan adek-adek PKL itu tentunya langsung pada geser donggg... Dear adek-adek PKL: “Yang sabar ya, dek.. Ngalah sedikitlah.. Itung-itung amal..!!!” Hahahahahahaha.. *ketawa lepas penuh kemenangan!*

“Sepi, tah, pasien kamu???.” Tanya Kak Oke’ ke gue.

“Iya, Kak, sepi, nih.. Tumben, ya???” balas gue ngejawab ke dia sambil ngeluarin henpon dari kantong celana sebelah kiri.

“Kamu ini.. Pasien rame, ngeluh. Pasien sepi, ngeluh. Gimana lah???”

“Hahaha.. Ya bukannya gitu, Kak.. Ya agak kaget ajaaa.. Kan ga biasa-biasanya lohhh,.. hari senin gini sepiii... Hehehe..”

Nggak lama dari gue ngobrol-ngobrol sama Kak Oke’, dr. Jhony masuk.

dr. Jhony: “Nah, Toopiiik.. Kamu ini ada di mana-mana ya, Piiik??? Heran saya sama kamu iniii..”

Gue: “Yah, numpang ngadem lah, dok... di Lab, kan, dokter tahu sendiri gimanaaa??? Puaaannnaaasss,.. bangeeeeetttt..!! Haha..”

dr. Jhony: *ngeledek gue* “Halaaahh... Mau numpang ngadem, apa mau ngecengin anak-anak PKL iniii???”

Gue: “Haha.. Enggaklah, dok..”

dr. Jhony: “Oh, iya, Piiik.. Kemarin siang, anak itu dateng lagi, loohh.. Sayang, ya, kamu kemarin siang itu lagi pelatihan di luarrr..”

Gue: *balik nanya sambil pasang tampang kebingungan* “Anak itu??? Siapa, dok???”

dr. Jhony: “Ituuu.. si Mawarrr.. (sebut saja demikian) Dateng lagi ke siniii.. Nggak tahu mau ngapain..”

Mawar itu adalah salah satu anak Kebidanan (juga) yang pernah sempat melakukan PKL di sini beberapa waktu yang lalu.

Gue: “Loh? Emang apa hubungannya sama saya, dok???”

dr. Jhony:  “Halaaahh.. Udah-udah lagi Topiiikk!!!”

dr. Jhony kembali meledek. Kak Oke’ yang mendengar percakapan kami berdua barusan itu (yang jatohnya lebih ke gosip dadakan) mendadak ngakak. dr. Jhony ikutan ngakak. Adek-adek PKL yang ada di dalam ruangan ini pun mulai terlihat senyum-senyum ga jelas. Suasana di dalam ruangan Apotek pecah. Seisi ruangan pada ngakak. Gue cuma bisa bengong. Dalam hati gue menjerit: INI SEMUA MAKSUDNYA APAAAAAAAAAA??!!!

Belum selesai mereka semua ketawa-tawa lepas, Bu Wayan masuk.

Bu wayan: “Loh, kenapa ini? Kayaknya seru banget???”

Tanya Bu Wayan begitu memasuki ruangan. Mungkin maksud pertanyaan Bu Wayan barusan itu kalo kita artikan lebih spesifik lagi akan menjadi seperti ini: “Loh? Ini lagi ngegosipin apaan, sih??? Ajak-ajak Ibu donggggg...”

dr. Jhony: “Enggak, Bu.. Ini, si Topiiikk.. Barusan saya kasih tahu kalo kemarin si Mawar barusan abis dari sini.. Eh dia malahan nanya; apa hubungannya sama saya???”

Bu Wayan: “Oh.. si Mawarrr.. Emangnya Topik suka sama Mawar apa gimana iniii???”

Gue: *nengok-nengok bentar ke tiap-tiap sudut ruangan. kali aja ada kamera CCTV tersembunyi* “Hahaha. Enggak, Buuu.. Astaagaaaaa.. Ini kenapa jadi pada ngegosip kek giniii???”

dr. Jhony: “Saya ini curiga, Mba, sama Topik, ini. Ya gimana ga curiga coba? Pas Mawar PKL di sini waktu itu, kalo saya peratiin sama Pak Rohidar, tiap kali si Mawar nanya-nanya materi lab ke Topik, pasti Topik ngejelasinnya sampe detail. Kalo anak-anak PKL lain yang nanya, Topik mah ngejelasinnya apa adanya doang! Hahaha..” *dr. Jhony kembali ngakak*

Kak Oke’: “Oh.. Jadi ada pembedaan tertentu gitu, lah, yaaaa..”

dr. Jhony: “Iya.. Jadi wajar kan, Mba, kalo saya sama Pak Rohidar curigaaa???”

Kak Oke’: *nanya ke gue sambil senyum-senyum ga jelas* “Mereka waktu itu PKL pas bulan Febuari. Udah lumanyan lama juga, ya??? Udah hampir 3 bulan ya, ga kerasa. Kamu ga kangen, Pik, sama kopi buatan Mawar???”

Bu Wayan: *tetiba langsung nyamber* “Oh.. Pantesan aja waktu di ruangan BP (Balai Pengobatan) Mawar bisa ngebedain secara detail mana-mana aja yang masuk ke dalam kriteria jenis pemeriksaann DL (darah lengkap), dan mana aja yang nggak masuk ke dalam kriteria pemeriksaaan DL. Itu kan aslinya ilmu anak Lab. Ternyata seperti ini ceritanyaaa..”

Kali ini gue makin bingung. Gue ga tahu mesti harus ngejawab apaan. Satu ruangan pun sontak kembali ngakak. Kampreeeettt!! Entah kenapa tetiba siang ini gue jadi tumbal bahan obrolannya mereka bertiga gini sehh??!!!

Bu Wayan: “Ya ga apapa, kali, Piiikk.. Kalo suka, bilang sukaa.. Namanya juga masih mudaaa.. Wajarlah..”

Gue: *mulai tertunduk lesu* *dalam hati gue berdoa pasrah: ya tuhan.. kirimkan lah hamba seorang malaikat penolonggg..*

dr. Jhony: “Mbak, Oke’.. Coba dulu kasih tips buat Topik ini cara buat ngedeketin cewek. Kasian dia ini. Suka kesiangan mulu. Biar kalo pagi ada yang ngebangunin. Hahahahahahaha..” *dr. Jhony ngakak abis-abisan*

Kak Oke’: *ikutan ngakak juga* *ngakak sejadi-jadinya. berasa kek lagi lebaran*

Bu wayan: “Iya, Piiikk.. Ga apapa kali, Pik, sama Bidan.. Apa perlu Ibu minta izin dulu ke Pak Rohidar???”

*satu ruangan kembali ngakak*

Keadaan gue kali ini makin terpojok. Gue sempat berfikir kalo ini semua adalah salah satu trik dari mereka semua buat ngerayain Ultah gue. Tapi gue baru inget: “Ultah gue, kan, udah lama lewat???” Itu artinya; fix kali ini gue emang beneran lagi kena bully!

Tidaaaaaaakkkkk!!!

Seisi ruangan ini pun masih saja terus mem-bully gue. Mem-bully gue dengan ledekan-ledekan maut mereka. “Kayaknya gue salah tempat ngadem deh, siang ini.” Keluh gue dalam hati. Gue curiga ini semua emang udah settingan mereka. Apa jangan-jangan mereka emang udah sengaja bikin script buat semua ledekan-ledekan ini, ya? Masalahnya; kok materinya ga abis-abis gini sih daritadiii??!!! *nangis di pojokan ruangan*

“Tooopiiikkk!!! Duh, lo ini, yaaaa!!! Gue cariin ke mana-mana, nggak tahunya ada di sini!!! Sini lo ikut gue dulu!!! Ruangan lo itu mau dipasang Gorden (hordeng)!!!” Teriak Mba Siti pas nyamperin gue sambil menarik gue keluar dari ruang pembantaian ini.

“Terima kasih Tuhan..” Ucap syukur gue dalam hati. Akhirnya ada penyelamat juga yang datang. Gue pun segera bergegas menaiki anak tangga berjalan menuju ruangan gue di lantai atas.

Sambil berjalan menaiki anak tangga, gue sempat mengulangi pertanyaan sederhana dari Kak Oke’ tadi.

Kangen???

Kopi???

Mawar???

Sekarang udah bulan Juni (awal), ya? Mereka mulai PKL di sini waktu tuh bulan Febuari??? Hmm.. Iya, juga, yaa.. Nggak kerasa udah hampir tiga bulan mereka kelar PKL dari sini. Secara kasat mata, menurut gue Mawar itu anaknya biasa-biasa aja (ini menurut penilaian gue, loohh.. kan penilaian orang tuh beda-bedaaa..), tapi Mawar tuh enak banget kalo pas diajakin ngobrol. Kalo diamnya dia waktu tuh, gue tahu. Dia tuh bukanlah tipe cewe yang terlalu pendiam. Diamnya dia waktu tuh (kalo menurut penilaian gue) emang gara-gara sadar dengan statusnya dia sebagai Mahasiswa PKL di sini aja. Yang artinya; nggak mungkin dia bisa langsung ngerocos sana-sini sok akrab sama semua orang. Dia kek gitu nyoba buat bisa ngejaga sikap aja. Setelah gue mengenal dia, eh,.. nggak tahunya anaknya asik banget kalo pas diajakin ngobrol. Ibarat kopi. Bikin candu.

Mawar itu nggak cantik. Tapi dia manis.

Ingatan sederhana lainnya yang masih nyangkut di benak gue tuh adalah: ciri khasnya dia kalo pas lagi mikir!! Mawar tuh suka banget menggoyang-menggoyangkan mulutnya ke kanan dan ke kiri gitu kalo pas lagi mikir (ataupun ketika ia sedang berusaha untuk mengingat sesuatu gitu). Entah-entah mantra apa yang (mungkin) sedang ia hafalkan. Haha..

“Kangen sama kopi buatannya Mawar???” Lagi-lagi gue mengulangi pertanyaan sederhana dari Kak Oke’ tadi. Apa iya, ya? Hmm.. Kayaknya gue bukan kangen sama kopi buatannya Mawar, deh. Ato mungkin,.. sama senyumannya si pembuat kopi itu??? Hmm.. Tiga bulan, ya???” Btw, apakabar ya, pemilik senyum itu sekarang??? :))

“Toopiiikk!!!”

“Cepet dikit, sih, jalannyaaa!!!!!”

“Udah kayak manten!!!”

“Lelet benerrr..!!!”

Lagi-lagi Mba Siti memanggil gue sambil menjerit histeris. “Hahaha.. Iya, Mbaaaaa.. Sabaaarrr...” Balas gue ngejawab ke dia. Lamunan gue tentang si Mawar pun buyar seketika. Gue pun buru-buru berlari menaiki anak tangga. Cepat. Cepat. Dan semakin mempercepat lari itu untuk sesegera mungkin menuju ruangannya.


 
Back to top!