sedang mencari...
Tuesday, March 7, 2017
Tuesday, March 07, 2017

Ilmu Yang Bermanfaat

Beberapa hari yang lalu gue baru aja abis ngehubungi si Levi via whatsapp buat nanyain masalah akreditasi prodi (program studi) kampus gue yang lama. Levi adalah salah satu adik tingkat gue sewaktu masih kuliah di Analis dulu. Dari sekian banyak adik-adik tingkat gue yang pernah melakukan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) di sini dulu, dia dan teman-teman sekelompoknya ini juga merupakan salah satu gerombolan mahasiswa pembuat rusuh ruangan di tempat gue bekerja dulu.

Levi (nama lengkapnya gue lupa Levi siapa, kayaknya gak penting juga buat gue bahas), adalah salah satu manusia sesat adik tingkat yang sering banget buat gue ngakak semasa ia bersama rombongannya melakukan kegiatan PKL di sini dulu. Waktu itu (kurang lebih sekitar setahun yang lalu) mereka melakukan kegiatan PKL di sini tuh kurang lebih selama satu bulan lamanya. Dan dari satu bulan mereka melakukan kegiatan tadi itu, ada banyak sekali kenangan pahit yang mereka tinggalkan unik yang masih gue inget mengenai mereka.

Yang pertama.

Dari sekian banyak adik-adik tingkat gue yang melakukan kegiatan PKL di sini, hanya rombongan mereka ini saja yang susah banget buat gue atur dan susah banget buat dengerin omongan gue. Misalnya pas gue nyuruh mereka buat minta tolong melakukan pemeriksaan ini-itu, dengan santai biasanya mereka ngejawab: “Ya ampun, kak.. Nanti dulu, sih.. Meriksa terus.. Cape lho, kak.. Gak peka banget sih..” Biasanya, sehabis mendengar jawaban mereka seperti itu, gue cuma bisa melakukan dua hal. Pertama: bengong. Kedua: meneteskan air mata haru. Dalam hati gue bertanya pasrah: “Ini siapa yang kakak tingkat, siapa yang adik tingkat sih sebenarnya??? Kenapa kesannya kek gue yang bersalah gini?????”

Kedua..

Sewaktu berada di dalam ruangan lab, hal paling mentok yang sering banget mereka lakukan hanyalah ngerumpi sana-sini. Keren banget.. *ngelus dada*

Ketiga..

Dari sekian banyak adik-adik tingkat gue yang pernah melakukan kegiatan PKL di sini dulu, gak ada satu orang pun yang berani untuk pamitan pulang duluan meninggalkan lab walaupun sudah tiba jamnya saat untuk pulang. Sewaktu gue masih berada di ruangan, biasanya mereka yang dulu-dulu tuh sengaja nunggu gue balik dulu baru ikutan keluar meninggalkan ruangan. Nah, kalo rombongan mereka kali ini beda. Gak bisa banget ngeliat jarum jam yang sudah menunjukan waktu untuk pulang. Biasanya si anak-anak cowonya sibuk pada ngebasahin rambut + sisiran.. Yang cewenya sibuk ngaca sana-sini.. Bau parfum mulai bertebaran di mana-mana (berasa kek lagi di dalam kamar sendiri-sendirilah pokoknya), abis itu mulai cari-cari berbagai macam bentuk alasan.. Sambil cengar-cengir diiringi kepala yang agak sedikit ditundukan biar kesannya terlihat sopan.. Dengan nada pelan, mulai deh mereka nyamperin gue dengan berkata: “Gak kerasa ya, kak, udah jam 2.. Kami duluan ya, kak.. Mau ke kampus dulu lanjut bimbingan..” Edan. Luar biasa, ya? Hahaha.. Tapi sebenernya semua ini sama sekali gak berpengaruh (dan gak menjadi masalah) juga sih buat gue... Malahan kalo menurut gue, di sinilah letak keunikan dari rombongan mereka ini. Iya, antara unik sama nekat emang beda-beda tipis, sih.. *sabar..* *sabarrr..*

Keempat..

Jika dibandingkan dari kelompok-kelompok sebelumnya, rombongan mereka ini adalah kumpulan manusia-manusia yang paling minim banget untuk masalah bertanya. Bisa dibilang lebih banyak diamnya ketimbang bertanyanya. Sebenernya gue juga seneng, sih.. Toh juga kalo pun mereka sibuk bertanya ini-itu mengenai pemeriksaan, jelas mereka akan tersesatkan karena baru saja bertanya kepada orang yang salah. Tapi kalo urusan rumpi, vokal mereka oke punyaaa... Pokoknya tiada tanding, tiada bandinggg... Kalo pas misalkan gue membuka percakapan serius kek misalnya nanya gini: “Kira-kira ada yang mau ditanyain, gak?” Mereka pada diaaamm,.. semuaaa.. Gue juga heran. Diamnya mereka ini dikarenakan faktor bingung mau nanya apaan, ato dikarenakan gak ngerti sama sekali dari apa yang udah sering gue jelasin. Tapi kalo pas misalkan gue bertanya sedikit agak nyimpang: “Enak gak kuliah di Analis? Btw, gimana kabar kampus sekarang?” Mereka langsung memberikan respon cepat, seperti:

“Ih, lo tau gak, kak.. Adik-adik tingkat kami yang sekarang ini, pada ngeselin semua tau kak..”

Atau..

“Bu XXX itu dari jaman lo kuliah dulu emang galak banget ya, kak? Masa, pas kelompok gue praktek waktu tuh, dia tiba-tiba marah-marah gak jelas.. bla.. blaa.. blaaa..”

Yang lebih ekstrim lagi..

“Ternyata kek gini ya, kak, rasanya kuliah di Analis tuh... Udah detik-detik terakhir mau selesai malah tambah susah... Tes buat masuk ke sini susah... Mau keluar dari kampus ini juga susah... Bawaannya pengen cepet-cepet nikah aja kalo udah kek gini mah... Gak kuaaattt, kak…”

Horor, ya?

---

Oh iya.. Gue juga masih nyimpen beberapa foto gue bersama mereka dulu. Nih, beberapa diantaranya:

taufik zainal, taufik, blog, zainal, blog taufik zainal, analis, analis kesehatan, praktikum, mahasiswa, PKL, seragam, seragam kesehatan, bakti husada
abis ketemu sama temen-temen satu angkatan dulu..

taufik, zainal, taufik blog, zainal, blog, taufik, zainal analis, analis kesehatan, praktikum, mahasiswa, PKL seragam, seragam, kesehatan, bakti, husada
gimana? masih pada kelihatan awet muda semua, kan?

taufik zainal, taufik, blog, zainal, blog taufik zainal, analis, analis kesehatan mahasiswa PKL, seragam kesehatan, bakti husada
coba tebak, gue yang mana? pasti sulit kan bedainnya?

Gimana? Gimana? Dari ketiga penampakan foto di atas, gue yakin, pasti kalian sangat sulit sekalikan membedakan yang mana gue diantara mereka??? Masih kek seumuran bangetkan??????????

Notes: Ngejawabnya dalam hati masing-masing aja. Gak perlu teriak-teriak. Karena gue tahu, jawaban kalian pasti kejam. #hiks.

Oke, di bawah ini bakal gue jabarin sedikit mengenai kelakuan mereka berdelapan satu persatu secara singkat.

Yang pertama mungkin bakal gue mulai dari si Haris dulu.

Haris ini adalah sang ketua gank move on dari kelompok mereka. Gue itu gak ngerti gimana cara mereka dulunya melakukan sistem pemilihan ketuanya. Entah pake sistem cap-goci, ato make sistem tunjuk asal-asalan sana-sini. Yang jelas, dari apa yang gue lihat, sangat nampak banyak sekali beban penderitaan yang dipukul oleh sang ketua satu ini. Kadang gue kasian. Jelas batinnya sangat tertekan sekali mempunyai anggota kelompok gank nero dengan kelakuan yang super heboh seperti mereka-mereka ini. Tapi untunglah, Haris merupakan anak yang sabar, tabah, pemaaf, serta penyayang lingkungan. Seolah beban yang dipikulnya tadi itu sama sekali tak pernah ia tunjukan dan ia keluhkan kepada anggota kelompoknya tersebut. Btw, sebenernya basic dasar dari si Haris ini apa sih --- (?)

Selain daripada itu, Haris juga mempunyai hoby yang menurut gue laki banget. Yaitu bermain basket. Sangat berbading terbalik dengan hoby gue yang begitu sangat melow; maen masak-masakan. Gue masih inget betul waktu tuh dia pernah ngajakin gue maen basket bareng temen-temennya selepas gue pulang dinas sore. Gue gak ngerti. Ini murni ajakan tulus ato sindiran secara mutlak dari dia buat gue melihat kondisi pertumbuhan tinggi gue yang kurang greget maksimal menurut-standar-tinggi-sni-untuk-ukuran-anak-anak-basket-pada-umumnya. Yang jelas, dia baru saja mengajak maen orang yang salah. Maen masak-masakan aja jari gue sering kram dan cidera, apalagi disuruh ngangkat bola basket? Yang ada bisa langsung patah susunan tulang-tulang badan gue. Iya, gue emang rapuh banget.

Selanjutnya ada si Ade.

Ade ini juga merupakan salah satu kriteria anak cowo yang gak banyak tanya. Bicara juga hanya seperlunya saja. Gue gak begitu paham. Emang sifat asli bawaannya dari lahir yang kek gitu ato dikarenakan faktor tampang gue yang begitu amat menyeramkan di matanya, sehingga membuatnya mendadak cacat mental permanen secara psikologis. Yang jelas, kalo pun dia bicara (dan bertanya), itu hanya sebagai syarat sekedarnya saja. Seperti:

“Kak, kok lo ini datangnya telat terus, sih? Emang rumah lo di mana, kak???” Pas sebegitu selesai abis dari gue jawab, udah, tamat. Dia langsung diam. Gak ada obrolan baru lagi untuk tema percakapan selanjutnya.

Terus misalkan lagi..

“Kak, hidup lo ini asik juga, ya.. Kerjanya nyantai banget.. Pengin juga gue nantinya kalo pas udah kerja bisa banyak nyantainya kek lo ini, kak..” Dan sewaktu selesai abis gue jawab, gitu juga, langsung tamat. Selesai di tempat. Gak ada episode untuk tema obrolan berikutnya. Pokoknya gitu-gitu aja terus sampe semua kaum jomblo di muka bumi ini punah dari peredaran..

Tapi apapun itu, pada dasarnya kriteria-kriteria anak cowo kek dia ini juga sih yang sebenernya gue seneng.. Toh juga yang namanya anak cowo itu kodratnya emang gak perlu harus banyak; pola, rumpi, teori, dll. Langsung aja tunjukin lewat tindakan. Iya, gak?

Kita lanjut ke Maya.

Maya ini adalah seorang biduan bohay kampung sebelah jones sejati. Kalo pas mereka semua lagi pada nyantai di ruangan lab, dapat dipastikan dia adalah sasaran utama bahan ledekan pembuka dari teman-temannya yang lain. Seperti: “May, daripada lo bengong-bengong gak jelas, buru lagi lo itu cari cowo.. Dunia ini udah mau kiamat..!!!” #kejam

Biasanya Maya yang mendengar ledekan canda kawan-kawannya itu cuma bisa ngasih senyum kecut. Lebih kecut daripada mangga muda yang dipetik dari pohonnya buat dijadikan bahan petisan. Intinya si Maya ini kecut abis deh.. Gue aja yang gak sengaja denger ledekan semacam itu langsung merinding total. “Apa iya dunia ini udah mau kiamat?” Jelas ini horor. Saat itu juga mungkin batinnya si Maya pasti sangat tertekan abis mempunyai teman-teman kelompok dengan imajinasi-imajinasi berlebihan seperti mereka-mereka ini. Untungnya Maya termaksud tipikal wanita tangguh. Dia tahu, kalo itu semua hanyalah bersifat candaan belaka. Coba kalo pada waktu itu gue yang diledek seperti itu, mungkin pada saat itu juga gue langsung ngambil ancang-ancang buat lompat ke bawah dari lantai dua ruangan ini.

Satu hal kata-kata dari si Maya yang masih gue inget sampe sekarang. Dulu dia pernah ngomong gini ke gue: “Kak, kalo gue lihat dari gaya lo ini, gue udah bisa nebak gimana kelakuan lo dulu sewaktu masih jadi Mahasiswa di Analis..” Oke, ini pujian yang sangat luar biasa buat gue dari si Maya. Yang kalo kita cermati lebih dalam lagi, inti dari bahasa kata-katanya si Maya barusan itu adalah: “Lo ini dulunya pasti badung ya, kak!”

Dear Maya..
May, di mana pun lo berada saat ini, semoga lo baik-baik aja, ya.. Tapi inget, jangan sampe kita ketemu di jalan, karena dendam tetaplah dendam.. *ngancem*

Ada lagi si Gita.

Gita ini partner rumpi sejatinya si Levi. Kalo lagi nyantai (ya sebenernya dua anak ini emang kebanyakan nyantainya sih ketimbang kerjanya), pasti gak jauh-jauh dari ngerumpi. Hal yang paling gue gak abis pikir itu ngerumpi masalah cowo. Adaaaa,.. aja bahasan mereka mengenai cowo. Entahlah. Kek nya kalo gak ngerumpiin pacar satu hari, seolah ada yang kurang bagi mereka. Mungkin sejenis sunah rumpi harian yang gak boleh ditinggalkan. Obrolannya ya gak jauh-jauh, kek misalnya:

“Ih, kesel gue!!! Ya kan seharusnya dia nyambung sih,.. gak ngerti banget kali sama keadaan gue..”

Ato..

“Dia kan cowooo.. Seharusnya dia harus bisa ngalah donggg.. Masa harus cewe yang ngalaaahhh?????”

Ya pokoknya gitu-gitu aja terus..

Biasanya mah si Levi yang statusnya sebagai seorang pendengar setia (tanpa bisa memberikan masukan apa-apa), cuma bisa manggut-manggut doang kek anak ayam yang terkena penyakit stroke dadakan waktu dengerin si Gita cerita. Dan seandainya ini semua masuk dalam kategori SKS (satuan kredit semester) mata kuliah yang harus dipelajari, mungkin gue udah bakalan fasih hafal sampai di luar kepala mengenai pembahasan rumpi mereka berdua. Untuk masalah nilai akhir, dapat dipastikan gue bakalan mendapatkan IPK (indeks prestasi komulatif) yang cumlaude untuk semua itu.. Ckckck..

Hmm..

Pesan gue cuma satu buat mereka berdua: “Cepat lagi bertobaaaattt anak mudaaaaa!!!!”

Sekarang Levi.

Nah, manusia ini juga ajaib. Saking ajaibnya, tiap kali sehabis gue nyuruh melakukan pemeriksaan ataupun mengerjakan sesuatu, terlepas daripada itu semua, yang ada dia malahan sering banget ngeluh dan berbalik kembali bertanya ke gue lagi.

Contoh:

Gue: “Levi, coba lo periksa sampel darah itu, berapa hasilnya..”

Levi: “Iya, kak..”

*sepuluh menit kemudian*

Gue: “Levi, berapa hasilnya???”

Levi: “Emm.. Kalo menurut gue sih sekitar 7.000-sekian, kak.. Bener gak, kak? Kalo menurut lo berapa, kak???”

Gue: *mengusap air mata sejenak* “Kok lo malah nanya gue sih, Levi????? Kan gue yang nyuruh lo meriksaaa.. Kenapa lo nanya balik?????”

Zzzzzttttt..

Misalnya lagi:

Gue: “Levi, tolong lo kerjain dulu sampel darah dari UGD tadi.. Gue masih mau ngerjain yang lain dulu..”

Levi: “Aih, ya ampun, kak.. Coba suruh yang lain dulu, sih.. Gue ini daritadi bolak-balik ke bawah terus.. Cape gue, kak..”

Gue: *buru-buru ngambil tissue satu roll* *kembali mengusap air mata*

#hiks

Kita lanjut ke Puji.

Kalo masalah Puji, kek nya gue gak bisa banyak berkomentar apa-apa. Soalnya dulu, kakaknya si Puji ini adalah kakak tingkat gue sewaktu masih kuliah di Analis dulu. Bahaya kalo gue sampe bercerita panjang lebar. Bisa-bisa gue disiram air panas yang mendidih entar kalo mengetahui adiknya gue ceritakan panjang lebar di blog ini. Daripada doi murka, mending gue cari aman. Hahaha..

Tapi si Puji ini masih agak mending sih daripada yang lain.. Kalo misalkan gue suruh, dia gak banyak bantah. Tapi tetep,.. apa yang gue suruh tadi, satu jam kemudian baru dikerjaain!!! Ckckck..

Intinya mah sama aja!!! Hahaha..

Lalu ada si Suci dan juga si Armi.

Suci; cewe berkacamata satu ini memang tidak terlalu hiper aktif (baca: liar) seperti yang lain. Gue gak ngerti. Ini semua adalah bentuk penyamaran yang sempurna, ato emang sifat murni yang dimiliki olehnya. Hampir sama kek si Armi. Armi pun juga demikian. Nah, tetapi, kalo si Armi ini juga kasusnya hampir sama kek si Maya. Sering banget jadi bahan ledekan teman-temannya yang lain. Bukan. Bukan karena dia seorang jomblo yang miris, tapi karena status pacarannya yang bener-bener udah hampir kadaluarsa saking kelamaannya. Gue gak paham udah berapa ratus tahun tepatnya, yang jelas, kalo pun disejajarkan dengan mengeredit sebuah mobil, mungkin saat ini si Armi bersama pacarnya itu udah bisa membuka usaha jual-beli mobil pribadi sambil ngebagi-bagiin mobil secara gratis dari hasil jerih payah mereka Annive-an selama beratus-ratus tahun itu ke tetangga mereka satu-persatu. Keren, ya?

Bicara soal Suci dan Armi, gue sebenernya sedikit agak-agak jaga jarak juga sih sama mereka berdua ini.. Takut tetiba mereka selip gondok ke gue, eh,.. tau-tau meledakan diri di ruangan. Gue gak kepengin masuk koran dengan pemberitaan yang tragis. Dan semoga juga mereka berdua gak nyasar mampir baca tulisan gue di blog ini. Takutnya, gak jadi meledakan diri di ruangan lab, yang ada malah meledakan diri di perumahan komplek tempat gue tinggal. Sama aja, masuk koran lagi ujung-ujungnya dengan pemberitaan yang tragis. Intinya jangan sampe.

Awal pertama kali gue ngelihat dia, gue kira si Suci ini masih ada hubungan sedarah sama seorang dosen gue dulu. Malah gue kira dia adalah anak kandungnya. Soalnya mirip banget. Dan gue semakin jaga jarak. Pas gue tanya ia memiliki hubungan darah ato enggaknya dengan beliau, eh,.. gak tahunya gak ada.. Yaudah,.. dengan senang hati deh dia gue siksa selama masa PKL kemarin. Hahaha..

---

Yah, kurang lebih mungkin seperti itulah cerita singkat dari gue malam ini mengenai mereka semua yang masih gue ingat sampai sekarang. Dulu, setiap semua mahasiswa yang melakukan kegiatan PKL dan masuk ke ruangan ini, mereka selalu menanyakan (dan mengeluhkan) hal yang sama: “Kak, kok gue ngerasa kek gak dapet ilmu apa-apa gini sih dari lo..” Itu pasti. Dan gue hanya bisa tertawa tiap kali mereka berkata seperti itu. Gue inget, waktu tuh si Eva (anak kebidanan temennya Ratu), Kiki (anak keperawatan), Via (anak farmasi), Desti (anak kebidanan Adila), Indah (anak kebidanan adik tingkat dari si Eva), Cia (anak keperawatan gigi), Febi (anak jurusan Analis), dan masih banyak lagi teman-teman / adik-adik tingkat dari jurusan lain sebelum mereka yang juga mengeluhkan hal yang sama. Sampai kepada mahasiswa yang terakhir kali memasuki ruangan ini bulan-bulan kemarin pun juga demikian. Dan gue kembali hanya bisa tertawa.

Memang benar, tak banyak ilmu yang bisa gue berikan / gue sampaikan kepada mereka-mereka semua. Karena tiap kali ada adik-adik tingkat dari jurusan manapun itu yang melakukan kegiatan PKL di sini tuh, mentok-mentok cuma bisa gue suruh buat kopi, ngegaris-garisin buku register lab dan pemeriksaan, sama gue suruh baca slide preparat pemeriksaan TB Paru Positif. Alasannya simpel saja, karena pada dasarnya gue adalah tipikal orang yang sangat sulit berbaur dengan orang-orang yang belum begitu gue kenal. Gue gak bisa memberikan penjelasan apa-apa, terkecuali mereka yang memulai untuk membuka percakapan baru dan mulai untuk bertanya ini-itu. Tapi, setidaknya gue cuma mau mengucapkan banyak sekali terima kasih untuk kalian semua yang pernah memasuki ruangan laboratorium ini. Mungkin tanpa kalian, gue juga gak bisa bercerita sampai sejauh ini. Tanpa kalian, gue gak bisa mempunyai banyak warna baru. Tanpa kalian, mungkin gue masih selalu terjebak keasingan untuk berbaur lebih dulu terhadap orang-orang baru yang belum begitu gue kenal. : )))

Gue gak pernah tau lagi gimana kabar mereka-mereka semua yang pernah mampir memasuki ruangan laboratorium ini. Yang jelas, semoga suatu saat nanti, di mana pun kita kembali bisa dipertemukan, kelak kita semua sudah menjadi orang-orang yang sukses dan berguna bagi banyak orang. Aamiin..

---

Sebelum kalian semua semakin jauh melupakan cerita lalu ini, untuk yang terakhir kalinya, siapapun diantara kalian yang gak sengaja nyasar baca postingan ini, coba tebak, slide TB Paru di bawah ini kira-kira Positif berapa? : )))

Taufik-Zainal-Blog-Lampung-Slide-TB-Paru-positif-analis-kesehatan-preparat-mikroskop
Slide TB Paru Positif.



 
Back to top!