sedang mencari...
Tuesday, February 10, 2015

Seperti Hari Kemarin

Hujan. Hujan. dan Hujan.

Kadangan bete, ya, kalo lagi musim hujan kek gini. Udah ga bisa ke mana-mana. Mau ngapa-ngapain bingung. Yang paling bete lagi mah ada: entah kenapa kalo tiap pas hujan gini, provider gue ini selaluuuu,... aja gangguan. Huhuhu.

Tadi, gue baru aja abis ngebuka-bukain beberapa bekas dari chat-chat-an bbm gue. Iya, soalnya gue ga bisa ngapa-ngapain! gangguan mulu!!! Nah, pas gue baca satu-persatu isi-isi chat itu, tibalah gue di-chat-chat-an beberapa hari yang lalu sama si Puji.

Puji ini temen gue sewaktu masih kuliah dulu. Cewe berkonde berkacamata dengan tinggi kurang lebih sekitar 165cm ini, adalah salah satu orang yang puaaaaaliinggggg... sangat berperan penting pada masa kejam-kejamnya saat masih berada di bawah jaman penjajahan sari-sari pati otak kuliah dulu. Selain anaknya yang alay baik, dia juga ga pernah sungkan-sungkan loh buat ngajarin gue tentang mata kuliah ini-itu yang gue ga ngerti (dan emang pada dasarnya gue kebanyakan ga ngertinya sih.., daripada ngertinya).

Sebenernya, bukan cuma Puji aja yang sering bantuin gue dulu. Masih banyak kok temen-temen gue (yang Alhamdulillah pada peduli mau bantuin gue) yang sama baiknya kek si Puji ini. Misalnya aja ada temen gue bernama; Desy. Nah, tapi bedanya Desy sama Puji ini, kalo misalnya pas gue sms dia nih, ya: “Des, lagi di mana lo?” maka, dengan sigap dia bakal membalas: “di kosan. Ngapa? Mau nyusahin gue lagi lo?” Bujug buset! Hebat banget nih anak. Tahu aja dia bakal mau gue susahin. Muehehehehe.

Terus ada lagi. Misalnya lagi gue sms temen gue yang lain. Si Wulan misalnya. Maka, sama aja, dia juga sigap balesnya kek si Desy. Bedanya dia agak lebih kalem aja dari Desy. Iya, Desy itu kadangan liar, sih. Serem. Tapi ya gimana? Mau jujur, takut digigit gue sama dia. Hahaha. Biasanya Wulan akan membalas seperti ini: “di kosan, Be’. Gimana-gimana? Mau nanya apa, nih?” Jeger! Tetep aja, ke-Geep juga kalo ujung-ujungnya gue mau nyusahin dia. Hahaha. Pokoknya masih banyak lagi kok temen-temen gue yang lain, yang namanya ga mungkin bisa gue sebutin satu-persatu di sini. Soalnya, kalo gue sebutin semua, ujung-ujungnya ga jadi cerita gue malam ini. Yang ada malahan sibuk ngabsenin mereka. Hahaha.

Tri Puji Astuti. Itulah nama lengkapnya (kalo nama bekennya gue lupa apa). Beberapa malam kemarin, dia bbm gue. Awal mula dia bbm gue sih gara-gara gue masang PM penuh keluhan-keluhan gitu lebih tepatnya. Alay? Emang. Gue emang alay. Hahaha. “Lo kenapa sih, Be'?” Sapa Puji membuka obrolannya ke gue malam itu. Tadinya sempet gue mau nangis, tapi ga nyambung. Dia juga ga bakalan denger. Jadi gue bales aja ala kadarnya dengan nyeleneh-nyeleneh sambil becandaan ke dia. Nggak lama, dia kembali membalas bbm gue itu. Gue pun kembali membalas bbm-nya sambil nyeleneh-nyeleneh (lagi). Pada akhirnya pun kami bbm-an panjang lebar malam itu.

Masih sama kek tiga, ato empat tahun yang lalu. Nggak ada yang berubah dari sosok si Puji ini. Masih suka ngeledek gue juga yang pastinya. Seperti: “nggak malam mingguan, Be’? Mau sampe kapan?” Pertanyaan kampret pertama. Ato adalagi: “Kapan, Be’, lo nyusul ke sini?” Pertanyaan kampret kedua. Pokoknya, ledekan demi ledekan deh. Hehehe. Eh, iya. Puji ini sekarang udah diangkat jadi PNS loh... Huh, kalo gue sih ga heran. Dia emang pinter. Selain rajin, IP-nya juga selalu di atas rata-rata tiap pergantian semester dulu. Terus, pas wisudaan, dia juga dapet gelar IPK terbaik dengan status pujian untuk satu angkatan loh... Beda halnya sama gue yang selalu aja kebalikannya dari dia. Sedih, ya, jadi gue? Iya. *nyari kanebo*

Dalam chat-chat beberapa malam yang lalu itu juga dia bilang ke gue kalo minggu-minggu ini dia bener-bener lagi stres ngurusin SK-nya yang baru aja mau keluar nih. Cieee... seneng campur gondok gini gue kadangan pas dia ngomongin SK-ini. Senengnya: gue bangga pas begitu kami wisuda dulu, terus ada bukaan PNS, dia keterima. Langsung diangkat deh jadi PNS. Gondoknya: gue udah dua kali ini tes CPNS, tapi masih gagal. Huhuhu. Dalam hal ini gue bisa menepis kalo ada yang berpendapat: “murid biasanya jauh lebih hebat daripada gurunya.” Itu mitos! Contohnya, gue. Dalam obrolan via bbm malam itu, gue ga berenti-berentinya juga dibuat ngakak sama dia. Dari mulai dia ngebahas pas jaman-jaman kuliah dulu, sampe masa sekarang ini. Masa di mana kami udah mulai sibuk dengan rutinitas masing-masing. Hmm..

Guru? Iya. Mungkin bisa dibilang begitu. Selain sebagai teman, dia juga gue anggep sebagai guru buat gue. Gimana enggak? Kalo misalnya di-persentase-kan, hampir dari semua temen-temen gue yang puaaaaaliinggggg... sering banget gue bikin susah itu; ya dia. Kalo lagi mau UAS, pasti gue kebanyakan ngerepotin dia. Kalo mau Ujian Praktikum, juga kebanyakan nyusahin dia. Kalo pas lagi Ujian Teori, dia juga yang sering gue contekin. Muehehehe. Ya gimana? Nomor urut absensi-nya dia dulu itu 'sesudah' gue. Jadi pas ujian, kalo nggak dia di depan gue, ya dia di belakang gue. Keberuntungan buat gue. Keapesan yang amat mendalam buat dia. Hahahahahaha. Sabar, ya, Dji.. *puk-puk-in Puji* *sodorin coki-coki*

Iya. Dulu itu kalo ada apa-apa yang gue ga ngerti sama mata kuliah di kampus, pasti gue sms dia. Terus gue maen deh ke rumahnya. Bahkan karena sering banget gue maen ke rumahnya buat nanya-nanya tentang mata kuliah yang ga gue ngerti di kampus dulu, pernah sewaktu ketika pas gue udah lamaaaaaa... banget ga maen ke rumahnya, sewaktu maen, dia ngomong gini: “Gile, lama banget lo, Be’, ga maen ke sini. Sampe-sampe emak gue sering nanyain.” Bujug busettt... Ini emaknya yang kangen sama gue, apa emaknya yang udah empet liat tampang gue, ya? Hmm.. Penuh misteri gini. Tapi gue lebih yakin sama pendapat gue yang ke-dua deh kek-nya. Hahaha.

Di sela-sela obrolan malam itu, gue juga sempet nanyain kabarnya si Ardy juga. Ardy sama Puji ini, temen sekelas gue di Analis Kesehatan dulu. Dan hebatnya mereka berdua ini, begitu wisuda dan diangkat menjadi PNS, ditepatkan disatu tempat yang sama pula! Duh, temen-temen gue. Ckckck. Ardy ini dulu Partner gue kalo pas lagi Praktikum. Di mana ada Ardy, pasti ada gue. Di mana ada gue, pasti ga ada Ardy. Jahat.

Obrolan demi obrolan semakin panjang. Gue juga semakin ngakak dibuatnya. Hmm.. seneng gini gue ngedenger dua temen baik gue sewaktu kuliah dulu terus sekarang ini, yah... bisa dikatakan udah sukses lah. Hehehe. Seenggaknya mereka berdua udah ‘duluan’ selangkah lebih sukses daripada lo Topik!!! LO KAPAN NYUSUL???!!! *nangis*

Gue jadi keinget waktu detik-detik terakhir gue nyusahin Puji pas masih jaman-jaman kuliah dulu. Mungkin tuhan punya cerita lain kali, ya, buat gue. Dulu pas KKN di desa, gue itu satu kelompok sama Puji. Inilah cerita detik-detik kebersamaan gue (sekalian masa di mana cerita terakhir gue buat nyusahin dia pas jaman-jaman kuliah dulu), sama Puji. Puji ini, waktu di desa dulu itu paalinggggg... rajin buat ngebangunin gue. Bukan karena dia peduli. Bukan karena dia lagi Amnesia. Bukan karena dia mau nawarin sarapan. Bukan juga karena dia abis kesurupan. Jawabanya; karena dia udah mentok kehabisan akal buat bohong sama kakak ruangan di Puskesmas untuk nutupin gue yang selalu telat dines puskes gara-gara bangun kesiangan!!! Haha. Entah kenapa, gue itu kalo udah tidur pasti kek mayat! Tidur paling cepet. Eh, bangun paling lama. Ckckck. Bahkan, dulu karena gue sering banget bangun kesiangan kek gini, gue itu yang ada tiap harinya ribuutttt... mulu, sama pacar gue. (baca: dulu pacar, sekarang mantan. hiks). Apesnya, Puji itu dulu sama gue dines puskes bareng. Jadi, dia terus yang gue jadiin tumbal. Hahaha. Duh, gue mendadak kengen masa-masa itu. Masa di mana detik-detik terakhir gue nyusahin dia. Huhuhu.

Kalo Ardy, gue inget dulu sewaktu kami sedang ingin melakukan Praktikum Hematologi (darah), begitu pas dia mau ngambil darah gue, dengan muka polos kek ga ada beban, dia tusukin aja tuh jarum 5ml ke tangan gue dengan penuh semangat tanpa memberi aba-aba terlebih dahulu. Malah dia cuma bisa bilang gini: “Tahan, ya, Be’. Ga apapa. Nggak sakit, kok. Inget, kita laki!!!” Gue yang ngedeger kata-kata si Ardy pada waktu itu hanya bisa pasrah dan bengong. Pasrahnya; karena gue yang ditusuk tuh jarum. Bengongnya, karena dia tetiba ngomong; “Inget! Kita laki!!!.” Entah berpedoman atas dasar apa dia tetiba pagi-pagi buta bisa ngomong kek gitu. Laki sih, laki. Tapi kalo ditusuk jarum gede gitu ga ngaruh, Nyet!! TETEP AJA SAKIITTT!!!!!!!

(pesan moral: teruntuk adik-adik tingkat di mana pun kalian berada, kalo kalian sedang praktikum dan mau di tusuk jarum buat diambil darahnya, usahakan beda lawan jenis aja yang ngambil darahnya. terima kasih).

Kalo sampe sekarang yang ga bisa gue lupa dari Puji itu, pas moment lagi booming-booming-nya musim begal di daerah rumahnya dulu. Beuh! Bayang pun! Kadangan sebulan itu bisa ada dua, sampe tiga korban gitu yang ditemukan bergeletakan di jalan pas paginya. Etdah!!! Horor? Banget. Btw, ternyata begal itu ada musim-musimnya juga, ya? Ckckck.

Jadi ceritanya gini. Waktu itu gue masih ingat betul gue besoknya mau ujian praktikum kimia air. Malamnya, main lah gue ke rumahnya dia. Nah, berhubung kapasitas otak gue ga sanggup buat mikir yang berlebihan untuk masalah kimia, terpaksa, mau nggak mau (yang intinya harus mau) gue minta ajarinlah sama si Puji ini. Bernyali? Enggak! Gue waktu itu bener-bener lupa kalo di tempat dia itu emang lagi musim begal! Jadi, dengan santai riang gembira kek ga ada beban, gue dateng aja ke rumahnya. Singkat cerita, merasa karena gue udah (sedikit) nyambung akan hal-hal (dan dasar-dasar) apa aja yang musti gue kerjain buat praktikum besok itu, gue pun memutuskan untuk menyudahi buat bertanya ini-itu ke dia. Sebelum pulang, gue sejenak me-refresh otak dulu yang sedari tadi udah ngasep tak henti-henti karena dijejelin rumus-rumus kimia jahanam sama dia. Sambil menikmati tegukan tetesan-tetesan terakhir kopi yang dibuatin Puji malam itu (Baik? Enggak. Itu kopi gue yang minta buatin. Kurang nyusahin apa coba gue ini? Udah namu ke rumahnya malem-malem. Minta buatin kopi pula. Berasa rumah sendiri gini. Haha), Puji pun membuka percakapan ke gue dengan bertanya kek gini:

Puji: “Lo mau balik lewat mana, Be’?”

Gue: “Lewat jalan yang baik dan benar, Dji”

Puji: *diam sebentar* *kemudian diiringi gerakan sambil sedikit mengelus-ngelus dada sebentar, ia pun melanjutkan pembicaraannya kembali* “Seriusan dulu.. Malah becanda...”

Gue: *ngejawab sambil ketawa cetar membahana* “Yaa.. lewat jalan biasa, lah, Dji... Ngapa??”

Puji: *sambil menunjuk ke arah jalan yang gue maksud barusan* “Lewat depan sana???”

Gue: *menganggukan kepala*

Puji: *mengerutkan dahi* “Yakin???”

Gue: “He.em. Emang kenapa?”

Puji: “Kalo saran gue, mending lo baliknya lewat jalan kota aja deh, Be’. Sepi banget kalo lewat situ. Lo lupa? Daerah sini kan lagi rawan..”

Gue: *meneteskan air mata* *bingung harus ngejawab apaan* *dalam hati: YA TUHAN... TITIPKAN SALAM BUAT KEDUA ORANGTUA HAMBAAA...*

Puji: “Udah, lo lewat kota aja, gue belum siap baca berita lo di koran besok pagi. HAHAHAHA..”

Gue: *buru-buru ngemasin barang-barang. Kemudian, dengan staycool gue kembali ngejawab santai* “Ah, elu, bisa aja. Santailah.. Hehehe..” *dalam hati: MAHHH!!! TOLONG DOAKAN ANAKMU DALAM PERJALANAN PULANG MALAM INI MAHHH!!!*

Puji: “Ist, gaya. Hahaha”

Gue: *gemeteran nahan kencing*

Nggak lama dari percakapan yang ujung-ujungnya ngebuat gue mendadak spot jantung itu, gue pun pamitan pulang.

***
Emang bener, ya, kata orang-orang. Dulu, pas SD pengen cepet-cepet SMP. Pas SMP, pengen cepet-cepet SMA. Pas SMA, pengen cepet-cepet kuliah. Pas Kuliah juga gitu. Pengeeennn bangeeettt.. cepet-cepet Wisuda. Dan akan tiba pula masanya; “kalian akan rindu pada salah satu masa-masa itu semua.”

Malam ini, gue rindu pada masa-masa kuliah dulu. Gue kangen sama temen-temen gue. Sama temen-temen tongkrongan gue. Sama temen-temen seperjuangan gue. Sama temen-temen yang selalu ada disaat gue susah. Sama temen-temen yang selalu mau nolongin gue. Yang selalu nge-back-up gue. Kangen masa pas ketawa bareng. Becanda bareng. Praktikum bareng. Dihukum bareng. Dikeluarin dari ruangan karena ga buat tugas praktikum. Telat bareng. Dines Rumah Sakit bareng. Dines Puskes bareng. Dan melakukan berbagai aktivitas bareng lainya besama-sama mereka. Hmm.. gue bener-bener rindu masa-masa itu. Gue rindu waktu-waktu bersama itu. Gue rindu hari-hari itu. Gue rindu kebersamaan yang ‘sempat’ pernah ada seperti dulu-dulu itu.

Seperti halnya yang gue bilang di atas pertama-tama tadi. Gue seneng banget ngedenger kabar dari temen-temen gue yang sekarang udah pada sukses gitu. Gue juga seneng mereka masih sama seperti yang dulu-dulu. Nggak pada banyak berubah. Dan gue akan lebih seneng lagi; jika kelak suatu hari nanti akan tiba waktunya untuk kami bisa kembali dipertemukan di suatu waktu (yang entah kapanpun itu) untuk bisa kembali bercerita, ketawa bareng, dan yang tentunya bisa kumpul bareng lagi untuk menghabiskan waktu bersama “seperti hari kemarin”. Semoga.

***
Malam semakin larut. Ujung-ujungnya kemarin malam itu dengan indahnya gue malah ketiduran. Mana pas tidur nggak mimpi apa-apa. Ckckck. Pagi harinya, balesan bbm dari si Puji untuk yang kesekian kalinya pun baru bisa gue baca. Mau gue bales, tapi takutnya udah basi.

Btw, emang bisa gitu bbm ga di-read semaleman jadi basi?? *abaikan saja ini*


 
Back to top!