sedang mencari...
Saturday, January 31, 2015
Saturday, January 31, 2015

Biro Jodoh Yang Bodoh

Hari ini gue mau bercerita tentang temen gue bernama; Sandi. Kalo nama lengkapnya sih; ‘Sandi Putra Barlian.’ Beuh! Kurang lengkap apa coba gue ngetik namanya? Mana nggak gue samarkan pula. Iya. Gue memang jahat. Haha.

Eh, iya. Tanggal 26 Januari kemarin, doi baru aja Ulang Tahun, nih. Ciee.. Nggak nyangka. Ada hari Ultah juga ternyata doi. Mungkin pertama-tama, gue mau ngucapin; ‘selamat ulang tahun ya, Brader.’ Doanya; semoga sehat selalu. Terus, semoga bisa cepet-cepet geser ‘tali toga’, ya. Haha. *lempar telor satu kilo*

Sandi. Sandi. Dan, Sandi.

Sandi ini, adalah salah satu temen akrab gue dari kecil. Selain anaknya sering banget bikin susah temen enak banget kalo diajak curhat, dia juga paling ‘unik sendiri’ dari temen-temen gue yang lain. Contoh:

Di saat temen-temen gue yang lain itu basic-nya pada pinter-pinter, dia enggak. Temen gue yang lain pada rajin-rajin, dia juga enggak. Temen-temen gue yang lain udah pada wisuda, dia enggak wisuda-wisuda. Yah, terkadang antara ‘unik’ dan ‘idiot’ itu beda-beda tipis emang.

*puk-puk-in Sandi*

Tapi, nggak sampe di situ. Masih ada satu lagi sih sebenernya perbedaan antara dia sama temen-temen gue yang lain (yang sebenernya termaksud gue juga sih). Perbedaan itu adalah: pada saat kami semua rata-rata pada nggak memiliki pasangan, eh.. dia malah punya pacar sendiri coba! Ckckck. Berasa nggak adil gini sih!!! *loh?

Oke. Stop sampe di situ aja dulu hinaannya. Kasian. Gitu-gitu juga dia temen gue. Haha.

Beberapa hari yang lalu, Sandi maen ke rumah gue. Malam itu, kami mengobrol banyak sekali tema pembicaraan. Iya, sudah hampir beberapa bulan ini kami udah lama banget ga ketemu. Selain karena dia lagi sibuk ngurus buat KKN-nya, dia juga lagi sibuk banget sama Organisasi yang diikutinya di Kampus. Sandi bukan kuliah di Jurusan Kesehatan, kok. Dia kuliah di salah satu kampus ‘Jurusan Perikanan’ yang ada di kota Bandar Lampung ini.

Dengan masing-masing ditemani segelas kopi panas sebagai modal utama untuk mengobrol malam itu, obrolan demi obrolan pun kami lewati sampai larut malam. (baca: ngobrol tengah malam di depan rumah udah ga pake aturan lagi! Ngomongnya kenceng-kenceng! ketawa-tawa lepas! teriak-teriak! dan imbasnya, bener-bener ngeganggu ketentraman tetangga-tetangga sekitaran rumah gue yang udah pada tidur nyenyak!).

Di teras rumah gue malam itu, banyak banget keluhan-keluhan si Sandi ke gue. Semakin malam, semakin kacau. Dari mulai dia mengeluh sama kelompok KKN-nya yang semau-mau, terus adek-adek tingkatnya yang pada songong-songong, IP-nya yang ga pernah stabil dari semester ke semester. Nano-Nano deh rasanya. Haha. Jujur gue juga kasian sih denger curhatannya itu. Tapi mau gimana lagi coba? Namanya juga kuliah. Nggak segampang apa yang difikirin sewaktu baru-baru lulus dari SMA dulu. Apalagi seenak yang ada di film-film. Yang kerjaannya cuma bawa tas kecil dari rumah, ngisi absen bentar, terus nongkrong deh di-mall-mall gitu. Itu film. Ini nyata. Film sama nyata itu; beda!

Ngomong-ngomong masalah film, ada yang tahu nggak, ‘Mahabrata’ sekarang udah sampe episode mana, sih?? *abaikan saja pertanyaan ini!*

Balik lagi ke Sandi.

Tahapan demi tahapan obrolan semakin jauh. Sampai pada akhirnya, tahapan obrolan-obrolan berikutnya Sandi ngomong kek gini ke gue:

Sandi: “Eh, Pik, lo ditanyain tuh, sama adek tingkat gue.”

Gue: “Adek tingkat lo yang mana, Ndi?”

Sandi: “Itu, yang PIN-nya gue kasih sama lo kemaren-kemaren itu..”

Gue: “Elu, kan, ngasih tiga kontak, Nyet, ke gue!!”

Sandi: “Oh, iya, gue lupa. Hehe..” *nyengir kuda*

Gue: *buru-buru masuk ke dapur ngasah piso*

Sandi: “Ditanyain sama si Gina, maksud gue..”

Gue: “Oh.. Gina...” *sambil buka-buka kontak bbm* *dalam hati: “Gina itu anaknya yang mana, yaaa???”

Sandi: “Iya, dia ngeluh sama gue, lo nggak bbm duluan, masak harus cewe yang bbm duluan?”

Gue: *masih gupek ngutak-ngatik kontak bbm nyari Display Name-nya si Gina*

Oh, iya.. Gue lupa cerita. Selain sebagai bahan hinaan kami sehari-hari temen nongkrong, Sandi ini juga sebenernya sebagai ladang ‘jodoh’ buat kami. Alasan kenapa dia kami jadikan sebagai ladang jodoh,  jawabanya simpel: karena dia satu-satunya diantara kami yang selalu paling aktif sendiri disemua organisasi yang ada di kampusnya. Kami beranggapan, dia jugalah yang paling banyak kenalan sama adik-adik tingkat. Muehehehehe. *bener-bener alasan yang ga masuk akal* Iya, sih.. Jomblo dan menyendiri itu terkadang emang ga enak. Apalagi kalo malam minggu. Cuma bisa nonton bola. Apa nggak, mentok-mentok palingan geh internetan doang dalem kamar. Eh.. kok ini malah labas curhaattt!!

Tapi, nggak semua apa yang kami fikirkan itu berjalan dengan mulus juga, sih. Gue jadi inget sewaktu Sandi ngasih kontak ke temen gue yang lain bernama Refki. Sore itu, seusainya dari main futsal, tetiba Sandi menawarkan kontak ke Refki. Dengan polos pula si Refki menerima kontak yang diberikan Sandi itu tanpa adanya suatu rasa curiga sedikit pun. Transaksi kirim-kiriman kontak pun juga berjalan dengan mulus. Beberapa hari berikutnya, mulai nampak ada yang ganjil. Tetiba sewaktu lagi ngumpul Refki mengeluh kepada kami semua. Kami pun penasaran, dan bertanya kek gini:

“Emang kenapa, Ki, sama kontak yang dikasih sama Sandi kemaren???”

“Waduh, dikerjain gue. Kampret! Dikasih Zombie gue sama dia!!!”

Merasa Refki baru saja kenalan sama Zombie, kami semua atur jarak. Kali aja, kan, dia ga sengaja udah kena gigit. Hahaha. *ketawa setan* Selidik demi selidik, nggak tahunya dia dikerjain sama si Sandi. Ckckck. Parah.

Nggak cuma si Refki aja yang pernah jadi korban jahilnya Sandi ini. Gue juga inget sewaktu temen gue yang lain juga mengeluhkan hal yang sama kek gini. Malam itu, Berry mengeluh kepada kami semua kalo dia udah kena  jebakan batman-nya si Sandi lagi. Jadi, ceritanya si Sandi ini lagi, lagi, dan lagi, mendadak ngasih kontak cewe. Kali ini korbannya adalah si Berry. Pas kontak itu udah pindah tangan ke Berry (dan mereka pun udah sempat bbm-an), eh.. nggak tahunya cewe yang dikasih si Sandi itu temen akrab mantanya si Berry sewaktu masih sekolah dulu. Tapi nggak tahu juga, sih. Entah Sandi yang sengaja mau ngerjain, entah dia bener-bener ga tahu. Kalo beneran itu semua emang ga sengaja, ya ada benernya juga sih kata orang-orang; “dunia ini emang ga selebar daun melinjo.” Semenjak dari kejadian itu, semua temen-temen gue yang lain pun udah mulai berhati-hati kalo si Sandi mendadak nawarin kontak gratis secara cuma-cuma lagi. Nggak urung berimbas; Zonk! Btw, bukannya daun melinjo itu kecil, ya???

Sandi: “Udah, Pik, lanjutin aja, anaknya baik-baik, kok..” *Sandi mulai promo abis ke gue*

Gue: “Emang anak ini deket banget tah, Ndi, sama lo?” *tanya gue mulai penasaran*

Sandi: “Iya. Dia ini adek tingkat gue. Akrab gue sama dia. Gue juga udah bilang kok sama dia kalo lo itu anak baik-baik. Kurang dosa apalagi gue udah baik-baikin kawan kek gini, kan?”

Gue: *mendadak terharu* *ngurungin niat buat ngasah piso* *peluk Sandi* “Emang kok lo bisa akrab bener sama dia ini gimana ceritanya? Dia satu organisasi sama lo?”

Sandi: “He.em. Dia satu organisasi sama gue. Mantannya juga temen gue. Anak 2007 gitu. Nih, chat-nya dia sama gue lewat Line. Masih aja nanya-nanyain mantannya.” *kata Sandi sambil nunjukin isi chat-chat-nya itu ke gue*

Gue: *mengerutkan dahi* “Jadi, intinya anak ini belum Move On, Ndi???”

Sandi: “Kayaknya sih gitu, Pik..”

Gue: “EH, SEMPAAAKK!! NGAPAIN LO NGASIH KONTAK ORANG YANG BELUM MOVE ON, KE GUEEEEE??????????”

Sandi: “Tapi dia ini anak baik-baik kok, Pik..”

Gue: “YA APA HUBUNGANNYA?????! SAMA AJA BOHONG, NYEETTT!!!!!”

Sandi: “Jadi lo ga mau nih??”

Gue: *buru-buru masuk ke kamar* *nangis*

*****

Obrolan tentang si Gina pun putus sampe di situ. Gue memilih untuk nggak ngejawab apa-apa dan mulai mencoba untuk mencari tema obrolan yang lain. Dari itu semua juga gue semakin kuat menyimpulkan; antara ‘unik’ dan ‘idiot’ itu emang beda-beda tipis!!


 
Back to top!