sedang mencari...
Saturday, September 26, 2015
Saturday, September 26, 2015

Gara-gara Sering Telat!

Apes banget gue ngampus siang tadi! Udah mandinya buru-buru, nggak sempet sarapan, nggak sempet Stalking akun mantan nggak sempet ngopi, di jalannya juga buru-buru, eh... pas sampe di TKP, dosennya malah nggak ada! Ckckck.

Yup. Tadi siang adalah hari pertama gue mulai aktip ngampus. Nggak usah gue jelasin deh hari ini tuh gue telat apa enggaknya. Entar yang ada kalian bakalan bosen sendiri dengerin keluhan gue masalah telat-telatan kek gitu mulu (baca: YAIYALAH!! JELAS GUE TELAT!!!).

Gue pun ujung-ujungnya masuk ke dalam kelas sambil membatin kesal. Nah, begitu gue baru aja memasuki kelas, tiba-tiba gue malah dikejutkan dengan sosok bayangan siluet yang menyerupai mantan sapaan dari seorang cewek yang sama sekali (dan emang seingatan gue juga gitu) bener-bener nggak gue kenal. Dan anehnya lagi, sosok bayangan siluet tadi itu cewek yang menyapa gue barusan tadi itu, seolah-olah kesannya kek baru saja menyapa teman lamanya yang udah lama banget hilang ditelan peredaran jaman. Jika diibratkan persahabatan, mungkin sekilas sapaannya ke gue tadi siang tuh sudah terlihat sangat begitu erat. Erat? Iya. Erat sekali. Bahkan jika diibaratkan sebuah lagu, mungkin lagu yang cocok untuk menggambarkan situasi yang terjadi tadi siang itu adalah lagu dari miliknya: Sindentosca; ulat dan kepompong. Iya. “U-lat-dan-ke-pom-pong!!!” (btw, judul lagunya bener ga sih kek gitu?). Tapi, sayangnya dia bukannya ulat. Gue juga bukanlah seekor kepompong. Kami berdua bukanlah daftar dari jenis spesies kupu-kupu unyu yang habitatnya udah mulai terancam akan punah (dan entah kenapa juga gue harus repot-repot mengibaratkan semua obrolan singkat ini sampai harus berbelit-belit sejauh ini), inti dari segala macam inti, gue itu nggak kenal sama dia. [[[ -eng-gak-ke-nal-sa-ma-se-ka-li- ]]]. Tapi dia kenal sama gue. #udah #cumangituajasihintinyamah.

Nah, pertanyaan sederhana yang timbul di benak gue kali ini adalah: “Kenapa ini semua bisa terjadi-----???

-

-

-

-

-

Kira-kira, seperti inilah percakapan antara gue dan si ulat cewe asing yang gue maksud tadi siang itu:

Cewe yang sama sekali nggak gue kenal di kelas tadi siang itu (CYSSNGKDKTSI): “Eh, Ibeee!!! Telat lo, ya?!! Hahahahahaha...” *doi heboh sendiri*

Gue: “Em---?” *bengong sebentar* *kemudian mencoba memutar-mutar ingatan*

(CYSSNGKDKTSI): “Lo temennya si Desy, kan???”

Gue: *mengerutkan dahi sebentar* “De-sy---???”

(CYSSNGKDKTSI): “Iya, Desy. Temen sekelas lo pas di Analis duluuu..”

Gue: “Oh.. Iyaaa.. Iya. Haha. Iya. De-sy, ya??? Hahaha.. Iyaaa.. Iya, benerrr.. Haha.. Iyaa.. Desy..” *balas gue ngejawab ngebrutal abis ke dia. persis banget kayak abege-abege labil yang malemnya abis mabok micin satu baskom sepulang dari nongkrong di fly over* “Emang elu siapanya Desy???” *tanya balik gue ke dia setelah menaruh tas di kursi kosong di bagian depan dari posisi gue duduk mantap saat ini*

(CYSSNGKDKTSI): “Gue dulu temen satu kosannya Desy. He.he.he..”

Gue: “Oh.. gituuu.. Lo ngelanjut kuliah di sini juga ternyata. He.he.he.he.he..” Gue berusaha mencairkan suasana tegang ini. Pikiran gue spontan langsung tertuju ke Desy. Dalam hati gue bergumam gondok: “Deesssss,.. keburukan apa yang udah lo ceritain mengenai gue sama cewe yang nggak berdosa ini---(?) *sambil jari-jemari gue mulai standby di-List Contack Bbm. ngambil ancang-ancang buat nge-delcont si Desy sesegera mungkin*

(CYSSNGKDKTSI): “Iya. Tahun ini gue ngelanjut lagi. Si Desy nggak ngelanjut ya, tahun ini???”. Tanyanya ke gue dengan tatapan ekspresi muka yang serius sembari menopangkan dagu ke telapak tangan kanannya di atas meja.

Gue: “Oh.. Kemaren-kemaren tuh dia emang sempet gue ajakin gitu sih buat ngelanjut lagi... tapi, dianya nggak mau. Tahun ini dia mau married katanya”. *balas gue ngejawab santai ke dia sembari menyelipkan gosip yang tak lazim*

(CYSSNGKDKTSI): “HA.HA.HA.HA.HA.. Parah lu! Gosip aja!!” *doi ngakak. suasana obrolan pecah. dan kali ini gue mulai merinding sendiri dibuatnya* “Eh iya, apakabar nih?”. Kali ini doi kembali memberikan pertanyaan baru (lagi) ke gue.

Gue: “Kabar---??? Haha.. Iya. Iya, baiikkk.. Hahaha.. Baik, kok, baik..” Gue pun berusaha ngejawab sambil ketawa garing kebingungan. Keadaan psikologis gue kali ini mulai terancam. Mungkin saja sudah memasuki level stadium darurat. Lagi-lagi hati kecil gue dibuat bertanya-tanya: “siapa, ya, anak ini sebenarnya...???” “Eh iya. Ngomong-ngomong, kok, elu bisa kenal gue---???.” Gue makin penasaran. Kali ini pun gue berusaha memberanikan diri untuk bertanya to the point langsung ke dia.

(CYSSNGKDKTSI): “Ya kenal donggg.. Elu kan dulunya sering banget maen ke kosan buat nemuin si Desy. Nanya ini-itu masalah kampus gitu. Iya, kan?? Desy bilang,.. kalo elu itu temen sekelasnya yang sering banget telat. Terus kalo ada tugas, paling gupek sendiri. Dari situ gue tahu kalo lo temen sekelasnya Desy. He.he.he.he.he..”

Gue: *mulai kebanjiran air mata* *terharu sendiri mendengar pengakuan jujur ini* “Oooohh.. Jadi gara-gara itu.. Ha.ha.ha.ha.ha.. *niat gue buat nge-delcont si Desy pun udah nggak bisa dibendung lagi*

***

Lalu obrolan random kami berdua pun putus sampai di situ. Tiba-tiba saja sipen (penanggung jawab mata kuliah) jam ke dua masuk kelas dan memberitahukan kepada seisi ruangan bahwa dosen untuk jam mata kuliah yang ke dua kali ini pun berhalangan untuk hadir. Sehingga kesimpulannya; jam kuliah kosong (lagi). Untuk jam mata kuliah berikutnya, baru ada lagi nanti, setelah Dzuhur. Mendengar kabar gembira itu (indonesia banget memang temen-temen sekelas gue ini), para penghuni ruangan ini pun mulai berhamburan keluar. Satu-persatu dari mereka mulai beranjak pergi meninggalkan kelas (yang tentunya sambil diiringi teriakan-teriakan histeris riang gembira). Begitu pula dengan gue dan cewe ini. Kami pun beranjak pergi (juga) meninggalkan ruangan. Nggak lama, perlahan isi kelas pun; kosong.

Di luar kelas, sembari berjalan menuju arah kantin, gue pun mengeluarkan henpon dari saku celana. Gue berniat menghubungi si Desy untuk memastikan apakah di sana dia baik-baik saja dan bagaimana keadaannya sekarang lebih detailnya lagi siapa sebenarnya anak cewe yang menyapa gue sewaktu di dalam kelas tadi.

Tanya gue penasaran di-bbm pun kini telah terbaca oleh si Desy:

taufik zainal, blog, official blog, chat, bbm, tag foto, bbm
iya. emang sengaja gue kasih emot kek begituan. nge-bbm Desy mah nggak perlu harus baik-baik. hahaha.
Sesampainya di kantin, henpon pun kembali gue masukan ke dalam saku celana (lagi). Sambil menunggu balasan darinya, gue pun memesan segelas es teh manis dan beberapa cemilan-cemilan ringan.

Oh iya. Sekedar info. Harus gue akui. Memang benar adanya tentang apa yang baru saja dikatakan sama anak cewe yang nggak gue kenal di dalam kelas itu tadi. Desy itu adalah salah satu dari sekian banyak gerombolan kampret temen-temen gue di Analis dulu yang paling sering (pake banget) gue repotin. Tapi jangan salah, biarpun galak, Desy itu anaknya baik, kok. Baik banget malah. “Des, gue bagi ceban donggg!!! Buat ngisi kuota!!! Hahaha..”

Hmm.. Sebenarnya, gue itu emang udah dari SMP mempunyai image abadi yang selalu gampang banget buat diingat temen-temen gue. Sebuah ingatan mengenai gue yang nggak bakalan bisa dengan mudah untuk mereka lupakan. Bahkan, image itu juga masih gue bawa-bawa nih sampai saat ini. Sampai gue berumur 23 tahun sekarang ini!! Apakah image abadi gue itu??? Jawabannya simpel. Selain gue ini manusia paling gupek, gue itu pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya: “Telat!”. Yup! Entah kenapa keknya budaya telat ini susah banget buat gue buang jauh-jauh dari kehidupan gue. Demen banget keknya doi bikin gue malu!! Hahaha.

Oke, balik lagi ke Desy.

Ada satu hal memang yang gue suka dari cara si kampret ini Desy ketika ia menyampaikan materi kampus ke gue. Tiap kali gue menanyakan hal-hal mengenai mata kuliah di kampus ke dia yang nggak gue ngerti dulu, Desy itu selalu bisa menyampaikan menggunakan bahasa yang mudah gue cerna. Bahasa yang tidak berbelit-belit. Bahasa yang nggak ribet. Bahasa yang disampaikannya ke gue dulu tuh, mudah gue mengerti. Tiap-tiap pengibaratan yang diberikannya, sangat mudah untuk gue analogikan. Contoh kecilnya seperti ini:

Gue: “Des, kenapa sih, kalo: X + 38475652394 = 38475652395???”.

Nah, biasanya, si Desy bakalan menjelaskan gue menggunakan pengibaratan singkat. Sehingga jawabannya akan menjadi seperti ini:

Desy: “X itu tinggal lo ganti aja dodol!!”. Iya, udah biasa gue. Entah kenapa kata-kata di akhir kalimat itu jadi makanan empuk banget tiap kali dia udah mulai kesel sama gue. Ckckck..

Gue: “Ganti kek gimana maksudnya, Des?”. Jelas dengan IQ berlevel kulit kuaci kayak gue nggak bakalan bisa langsung nyambung dengan mudah. #miris.

Desy: “Gini.. X itu hanya sebagai simbol. Elu bisa abaikan aja tiap-tiap simbol yang ngebuat lo bingung. Gue ambil simpelnya gini: X + 5 = 10. Berarti kan kita harus nentuin berapa X-nya, kan???”

Gue: “Iya. Terus???”

Desy: “Nah, X itu lo ganti aja sama simbol sembarangan. Misal lo ganti sama titik tah, lo ganti sama nama mantan tah, bisa lo ganti nama apa aja, pokoknya itu cuma sebagai simbol doang intinya! Misal simbol itu tadi gue ganti menjadi titik-titik nih, ya: ..... + 5 =10. Berarti udah jelas kan? 5 ditambah berapa, biar hasilnya bisa jadi 10. Gitu lhoh! Nyambung nggak?

Gue: “Ooohh.. Iyaaa.. Iyaa, nyambunggg!!” *jawaban simpel dari gue* *cari aman* *biasanya kalo udah nggak kuat, gue akan manggut-manggut seolah-olah mengerti sambil sesekali menahan mimisan*

-

-

-

-

-

Yup! Itu semua tadi hanya sekedar contoh kecilnya saja. Intinya, Desy tuh salah satu orang, dari sekian banyak temen-temen gue yang dulunya paling berperan penting sebagai penyelamat gue. Penyelamat gue dalam mengejar target gimana caranya biar gue bisa lulus wisuda tepat waktu!

*terimakasih, Des!*

*sungkem*

Iya. Sebagai kacang, gue nggak boleh lupa sama penjualnya.

Btw, kek nya ada yang salah deh, sama pepatah di atas (?)

-

-

Nggak lama, henpon di dalam saku celana gue bergetar. Pas gue buka, ternyata itu balasan bbm dari si Desy:

blog, chat, bbm, tag, foto, official blog taufik, bbm, taufik zainal
entahlah. gue juga bingung. antara gaul sama buta aksara emang susah buat dibedain. jelas-jelas nama gue; taufik, dipanggil; coy. ckckck.
chat bbm, tag, foto, blog official, blog taufik, bbm, taufik, zainal
hinaan demi hinaan udah mulai nampak di-chat ini.
taufik zainal, blog, official blog, chat, bbm, tag foto, bbm
sungguh suatu pengakuan yang sampai saat ini pun masih sulit untuk bisa gue cerna dengan akal sehat.
Hmm.. Setelah gue amati dengan seksama dari tiap-tiap balasan bbm yang dikirimkan si Desy ini, gue ngerasa banyak sekali keganjilan kata-kata yang terdapat di dalamnya. Nggak. Nggak mungkin dia mendadak jadi kalem kek gini bahasanya. Ada 2 faktor kemungkinan yang bisa gue simpulkan. Pertama: bisa aja dia lagi khilaf. Kedua: mungkin saja kali ini bbm-nya lagi dibajak. Bukan. Pokoknya ini bukan Desy. Desy itu brutal! Mana pernah dia sekalem ini!! Hahaha.

***

Setelah selesai memesan makanan, gue pun pada akhirnya memutuskan untuk mengakhiri pertanyaan yang membuat gue penasaran mengenai teman satu kosannya tadi itu. Daripada harus berdebat siang bolong sama dia, gue lebih memilih untuk mementingkan isi perut!! Hahaha.



 
Back to top!